Akhirnya, Pesantren Nurul Jadid Polisikan Akun Palsu Pencatut Kiai Zuhri

PAJARAKAN-PANTURA7.com, Pondok Pesantren Nurul Jadid (PP NJ), resmi melaporkan pemilik akun media sosial (sosmed) yang mencatut KH. Moh. Zuhri Zaini, ke Polres Probolinggo, Rabu (28/10/2020) siang.

Langkah hukum ditempuh karena ultimatum pihak pesantren agar akun ‘facebook’ (FB) bernama ‘Khmohammad Zuhri Zainy’, dihapus dalam kurun waktu 1×24 jam, tak digubris pemilik akun.

“Kami harap laporan kami ke Polres Probolinggo sesegera mungkin ditindaklanjuti untuk mengantisipasi adanya korban yang dirugikan dengan menggunakan akun palsu tersebut,” terang Humas PP NJ, Ernawiyadi.

Ernawiyadi menjelaskan, pihak pesantren awalnya mengetahui adanya akun palsu yang mengatasnamakan pengasuh PP NJ, KH. Moh. Zuhri Zaini, dari wali santri yang dikirim via WhatsApp Grup (WAG).

“Dari gambar ‘screenshot’ yang dikirim wali santri tersebut kemudian kami tindaklanjuti. Hasil pengecekan, kami pastikan akun tersebut palsu, digunakan oleh oknum tak bertanggung jawab untuk mencari keuntungan,” paparnya.

Untungnya, lanjut Ernawiyadi, sejauh ini pihak pesantren belum menerima satupun laporan adanya korban yang ditimbulkan oleh akun abal-abal tersebut. “Belum, belum ada,” ujar dia.

Dihubungi terpisah, Kasatreskrim Polres Probolinggo, AKP Rizki Santoso berjanji akan menindaklanjuti laporan tersebut secepatnya. Hal itu, jelas Rizky, guna mencegah terjadinya korban yang merasa dirugikan.

“Sejauh ini belum diterima laporan kerugian yang ditimbulkan oleh akun tersebut. Kami duga akun akan digunakan oleh oknum tak bertanggung jawab untuk menipu sehingga menggunakan nama dan foto kiai,” ungkapnya.

Sebagaimana diketahui, kemasyhuran Pengasuh Pondok Pesantren (Ponpes) Nurul Jadid, di Desa Karanganyar, Kecamatan Paiton, Kabupaten Probolinggo, KH. Muhammad Zuhri Zaini, dimanfaatkan oleh oknum tak bertanggung jawab.

Nama kiai yang memiliki puluhan ribu santri itu, tetiba muncul di Medsos FB dengan nama akun ‘Khmohammad Zuhri Zainy’. Bahkan foto putra Alm. KH. Zaini Mun’im mengenakan baju koko warna putih dipasang sebagai foto profil. (*)

Baca Juga  Tronton Boks Sasak 2 Truk Parkir di Paiton

Editor : Efendi Muhamad
Publisher : A. Zainullah FT


Baca Juga

Motor Ditendang, Emak-emak Glamor di Besuk Jadi Korban Jambret 

Probolinggo,- Aksi nekad pelaku kejahatan terjadi di siang bolong. Kali ini, maling beraksi di Desa …