Modus Bertamu, Emak-emak Embat Uang Toko

KRUCIL-PANTURA7.com, Para pelaku kejahatan, sepertinya punya seribu satu cara guna mengelabui korbannya. Alhasil, korban pun teperdaya meski sebelumnya tak menyangka.

Seperti yang dialami Marzuqi (40) warga Dusun Jranjang, Desa Kertosuko, Kecamatan Krucil, Kabupaten Probolinggo. Uang hasil jualan di toko kelontong miliknya raib digondol pelaku, yang sudah emak-emak berpakaian muslimah.

Informasi yang diperoleh, pencurian tersebut terjadi pada Senin (26/10/2020) sekitar pukul 13.30 WIB. Saat itu pelaku datang untuk bertamu ke rumah yang kebetulan kumpul dengan toko korban, mulai pukul 8.00 WIB sampai siang hari.

“Pelaku saya lihat mengamati gerak-gerik kakak saya saat mengambil uang kembalian untuk pembelinya. Total uang yang diambil sekitar Rp5 juta yang disimpan di kamar dan toko,” kata adik korban, Taufiq, Selasa (27/10/2020).

Selama bertamu, lanjut Taufiq, pelaku sempat bolak balik ke kamar mandi dengan alasan buang air kecil. Namun. Namun, korban tidak menaruh curiga, terlebih ia sibuk melayani para pembeli di tokonya.

“Kami belum laporan (ke polisi) karena dari hasil musyawarah keluarga, pelaku susah dilacak. Dia sendirian naik sepeda motor. Kemungkinannya uang kakak saya diambil saat kakak lengah dan sibuk melayani pembeli,” terang dia.

Untuk ciri-ciri pelaku, sambung Taufiq, seorang ibu rumah tangga (IRT) yang diperkirakan berusia 30 sampai 40 tahun. Fisiknya berisi dengan make-up wajah tebal dan berpakaian muslimah.

“Sebelum mengambil uang, malah sempat ngajak istri kakak saya ke toko beli baju dan dibayarin, tidak nyangka juga kalau akhirnya bakal mencuri. Maklum namanya orang desa, selalu berfikir positif kalau ada tamu meski tidak dikenal,” tuturnya.

Harta kakaknya yang diambil pelaku, menurut Taufiq, hanya berupa uang tunai. “Untuk barang berharga lainnya tidak diambil oleh pelaku,” jelas Taufiq.

Baca Juga  Bacakan Pledoi, Dimas Kanjeng : Bibi Rasenjam Kok Bebas??

Sementara saat dihubungi secara terpisah, Kapolsek Krucil, Iptu Abdul Wakhid mengatakan, hingga saat ini pihaknya belum menerima laporan pencurian yang menimpa korban.

“Kalau sudah laporan, tentu akan kami tindaklanjuti,” ujar Kapolsek saat dikonfirmasi via seluler.(*)


Editor : Efendi Muhamad
Publisher : A. Zainullah FT


Baca Juga

Rawan jadi Target Kejahatan, Toko Emas Diimbau Pasang CCTV

Probolinggo,- Meningkatnya mobilisasi masyarakat untuk berbelanja kebutuhan jelang lebaran, khususnya perhiasan, membuat Polres Probolinggo Kota …