HSN, ASN dan Santri Upacara Bersarung

KANIGARAN-PANTURA7.com, Pemerintah Kota (Pemkot) Probolinggo menggelar upacara peringatan Hari Santri Nasional (HSN) ke-6 Tahun 2020 di halaman Pemkot Probolinggo, Kamis (22/10/2020).

Dengan peserta terbatas karena terkait protokol kesehatan, puluhan santri dan aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Pemkot Probolinggo kompak mengenakan pakaian bernuansa putih dan bersarung.

Peserta upacara sekitar 30 orang dari kalangan santri dan ASN Pemkot Probolinggo. Begitu juga dengan tamu undangan hanya melibatkan Forkopimda, perwakilan ulama pondok pesantren, ormas Islam dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkot Probolinggo.

Upacara dipimpin Walikota Probolinggo, Habib Hadi Zainal Abidin, yang mengenakan baju koko putih dan bersarung.

Dalam amanatnya, Habib Hadi menguraikan, sejumlah bukti kecintaan santri, kiai dan kalangan pesantren terhadap NKRI. “Beberapa catatan sejarah perjuangan, perlawanan dan upaya mempertahankan kemerdekaan Bangsa Indonesia yang dilakukan kaum santri dan kiai di masa lalu,” katanya.

MOMEN HSN : Walikota Probolinggo, Habib Hadi Zainal Abidin memotong tumpeng usai perayaan upacara HSN. (Foto istimewa).

Kepada para santri dan pondok pesantren, walikota mengimbau untuk selalu menjaga kesehatan dengan menerapkan protocol kesehatan. Hal itu sebagai bentuk jihad kekinian dalam menekan penyebaran Covid-19.

“Hari Santri Nasional kali ini bertema ‘Santri Sehat, Indonesia Kuat’. Jadi, peran santri dan pesantren sangat penting dalam upaya pencegahan penyakit, utamanya di masa pandemi ini. Para santri tetap semangat untuk selalu menciptakan dan menjaga perdamaian dunia,” kata Habib Hadi selaku pembina upacara.

Orang “nomor wahid” di Pemkot Probolinggo ini menguraikan, sejarah mencatat santri juga ikut memerdekaan Indonesia dan melawan penjajah. Nah, perjuangan santri tersebut harus dilanjutkan.

Bukan dengan perlawanan kepada penjajah, namun dalam bidang pengembangan teknologi demi kemajuan bangsa. “Para santri masa kini, dapat selalu memperkuat jiwa religius dengan teknologi untuk tanah air Indonesia,” lanjut Habib Hadi.

Baca Juga  Konsumsi dan Edarkan SS, Pria Asal Gading Ditangkap

Nah, upacara pagi ini menjadi perayaan puncak dalam peringatan Hari Santri di Kota Probolinggo. Sebelumnya, Pemkot bersama PCNU telah menggelar berbagai lomba di antaranya, lomba azan, Pildacil, pidato dan lainnya.

Upacara HSN ini juga digunakan sebagai momen penyerahan hadiah penghargaan dari Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawanasa baik oleh OPD maupun kelurahan. (Adv)


Editor: Ikhsan Mahmudi
Publisher : Rizal Wahyudi


Baca Juga

Tolak Revisi RUU Penyiaran, Jurnalis Pasuruan Turun Jalan

Pasuruan,- Puluhan jurnalis di Pasuruan menggelar unjuk rasa di depan Kantor DPRD setempat, Rabu (15/5/24). …