Sampah Menggunung, Warga Protes

KRAKSAAN-PANTURA7.com, Warga Kelurahan Semampir, Kecamatan Kraksaan, Kabupaten Probolinggo, mengeluhkan tumpukan sampah yang menggunung di Tempat Pembuangan Sampah (TPS) setempat. Pasalnya, tumpukan sampah tersebut menebarkan bau yang tidak sedap.

Salah seorang warga setempat, Siti Maryam menyebut, sampah di TPS membeludak hingga ke luar lantaran sudah beberapa hari ini tidak diangkut petugas dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Probolinggo ke Tempat Pembungan Akhir (TPA).

Menurutnya, sejak Minggu Minggu (18/10/2020) lalu, sampah sudah terlihat menggunung di TPS yang terletak di sebelah timur Pasar Semampir itu. Namun selama itu pula, tidak ada upaya untuk melokalisir sampah.

“Sampai sekarang tidak ada lagi pengangkutan hingga sampahnya menumpuk sampai ke jalan raya. Malah jadi tempat wahana domba cari makan,” kata Maryam, Rabu (21/10/2020).

Tak hanya itu, sambung Maryam, adanya tumpukan sampah juga menyebabkan kemacetan di jalan raya arah pasar makin parah. Ia berharap, ada tindakan cepat dari pihak pemerintah daerah.

“Tidak numpuk sampah saja sering macet, apalagi ada sampah hingga ke jalan raya, pokoknya makin parah,” curhat perempuan berusia 38 tahun ini.

Menanggapi hal ini, Kabid Pengelolaan Sampah DLH Kabupaten Probolinggo, Zaenal Ansori mengatakan, tidak adanya pengangkutan sementara, disebabkan adanya pembaruan perjanjian dengan SPBU terkait bea bahan bakar yang akan digunakan oleh truk pengangkut sampah.

“Karena masih memperbarui Mou, jadi tidak ada pengangkutan selama proses Mou ini. Ketika MoU sudah selesai, akan ada pengangkutan lagi seperti biasanya dan sampah tidak bakal membeludak hingga ke jalan raya,” janji dia. (*)


Editor : Efendi Muhamad

Publisher : A. Zainullah FT


Baca Juga  Tiga Jabatan Eselon II di Pemkab Probolinggo Kosong

Baca Juga

Bakal jadi Kantor Baru KPU, Eks-TPS Kraksaan Wetan Segera Dibongkar

Probolinggo,- Tumpukan sampah di lokasi eks-Tempat Pembuangan Sampah (TPS) Kraksaan Wetan, Kecamatan Kraksaan, Kabupaten Probolinggo, …