WINONGAN-PANTURA7.com, Ditangan Kholik (30), barang-barang bekas menjadi lebih berharga. Menggunakan media barang bekas, Kholik, berhasil memanfaatkan air di kolam ikan sebelah rumahnya untuk mendapatkan energi listrik.

Ide kreatif ini, diakui warga Dusun Serambi, Desa Winongan Kidul, Kecamatan Winongan, Kabupaten Pasuruan itu, muncul sekitar dua minggu yang lalu. Ia terkesan saat melihat ‘youtube’ lalu mencoba mempraktekkannya.

“Barang bekas yang digunakan adalah velg sepeda yang sudah tidak dipakai, kaleng rokok, dinamo kipas angin dan aki motor,” papar Kholik, Sabtu (17/10/2020) kepada PANTURA7.com.

Kholik mengatakan, energi listrik dihasilkan melalui kincir air yang disambungkan ke ke aki (accu), kemudian disambungkan kembali ke lampu. Seketika, lampu menyala setelah stop kontak dinyalakan.

“Kalau langsung disambung ke lampu nanti hasilnya kedap-kedip lampunya mas,” papar Kholik menjelaskan.

Meski mampu menghasilkan energi listrik alternatif, namun kapasitas voltase masih relatif kecil. “Dayanya kurang lebih sama dengan aki ukuran 12 volt,” tandas Kholik.

Pria lulusan SMK jurusan otomotif ini menambahkan, saat ini energi listrik dari kincir air buatannya baru mampu menerangi halaman samping rumahnya saja.

“Tapi hanya lampu saja, kalau dibuat untuk yang lain seperti TV dan lemari es, saya tetap menggunakan listrik dari PLN. Tapi Alhamdulillah bisa membantu mengurangi penggunaan listrik PLN,” girangnya. (*)


Editor : Efendi Muhamad

Publisher : A. Zainullah FT


Baca Juga  Inovasi Kuliner Ditengah Pandemi, Beejay Seafood Tebar Reseller