DRINGU-PANTURA7.com, Tim Satrio Geni Pemadam Kebakaran Satpol PP Kabupaten Probolinggo menangkap seekor ular sendok jawa atau ular kobra. Binatang melata itu disergap saat memasuki pekarangan rumah warga.

Satwa endemik Pulau Jawa dan Nusa Tenggara itu diketahui masuk pekarangan rumah Wulan, warga Desa / Kecamatan Dringu pada Selasa (22/9/2020) sekitar pukul 20.00 WIB. Kedatangan tamu tak diundang itu, membuat pemilik rumah panik lalu melapor ke petugas.

“Setelah dapat laporan melalui call center 112, kami tindaklanjuti dengan mengirim beberapa petugas ke lokasi,” kata Kasatpol PP Kabupaten Probolinggo, Aruman, Rabu (23/9/2020).

Sesampainya di lokasi, lanjut Aruman, butuh waktu sekitar 10 menit bagi petugas untuk menangkap ular yang dikenal memiliki bisa mematikan itu. Saat ditangkap, ular itu tak sempat menyerang petugas.

“Ullar ini berbeda dengan ular kobra pada umumnya yang memiliki kemampuan menyerang mangsanya dengan gigitan. Kalau ular ini menyerang dengan menyemprotkan racun bisanya,” tutut Aruman.

Saat ini, sambung Aruman, ular dengan pajang 110 sentimeter itu sudah diamankan di Mako Satpol PP Kabupaten Probolinggo. Selanjutnya, kata dia, pihaknya akan berkoordinasi dengan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) setempat.

“Sementara kita amankan dulu. Alhamdulillah tidak ada korban jiwa, hanya kepanikan saja sehingga pemilik rumah menghubungi kami. Karena dirumahnya ada anak kecil berusia 4 tahun dan 10 tahun,” tutup Aruman. (*)


Editor : Efendi Muhammad
Publisher : A. Zainullah FT


Baca Juga  Hari ini 16 Warga Kota Probolinggo Terpapar Covid-19