Lagi, 80 ABK Nelayan Rapid Test Massal

MAYANGAN-PANTURA7.com, Setelah awal Juni lalu, KSOP dan Pelindo III menggelar rapid test gratis bagi 3.000 anak buah kapal (ABK), nelayan, dan warga, kali ini kegiatan serupa digelar.

Sebanyak 80 ABK nelayan menjalani rapid test massal secara gratis di kawasan Pelabuhan Perikanan Pantai (PPP) Mayangan, Kota Probolinggo, Senin (6/7/2020).

Rapid test itu difasilitasi Klinik Pratama Sebelas Medika Probolinggo dan Himpunan Nelayan Dan Pengusaha Perikanan (HNPP) Samudra Bestari Probolinggo. HNPP menyediakan kuota rapid test bagi 100 orang.

Puluhan ABK nelayan yang sejak pagi mengantre akhirnya menjalani rapid test. Petugas rapid test berasal dari Klinik Pratama Sebelas Medika Probolinggo.

Ketua HNPP Samudra Bestari, Raymon melalui Pelaksana Harian, Wiwit Hariyadi mengatakan, kegiatan ini untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19. “Kami ingin membantu UPT PPP Mayangan dalam pencegahan Covid-19,” ujarnya.

Wiwit menambahkan, sebagai pelabuhan yang menghubungkan banyak daerah melalui laut, penyebaran Covid-19 berpotensi terjadi di PPP Mayangan. “Karena itu protokol kesehatan harus diterapkan secara ketat di PPP Mayangan,” katanya.

Sementara itu Kasi Pelayanan Teknis Pelabuhan, Arif Wahyudi menjelaskan, bantuan rapid test gratis sudah selayaknya diterima ABK nelayan.

Suharto (27), ABK asal Tegal, Jateng mengaku, beruntung akhirnya bisa menjalani rapid test gratis. Menurutnya, profesinya sebagai ABK dan harus berlayar selama beberapa hari membuatnya sulit untuk memeriksakan diri. Semetara mereka setiap hari harus bekerja bersama dengan banyak orang dari beberapa daerah lain.

“Alhamdulillah setelah sekian lama akhirnya saya bisa memeriksakan diri ikut rapid test gratis dari HNPP Bestari Probolinggo. Ini kali pertama saya rapid test rasanya senang sekali karena akhirnya bisa tahu kondisi kesehatan kami,” ujarnya. (*)


Editor: Ikhsan Mahmudi

Baca Juga  Kerja ASN-Non ASN Pemkot Probolinggo Kini Hanya 3 Jam

Publisher: Rizal Wahyudi


Baca Juga

Arus Mudik Lebaran, Sopir dan Kru Bus Diperiksa Kesehatan

Probolinggo,- Untuk memastikan kesehatan sopir dan kru bus, Dinas Kesehatan dan P2KB Kota Probolinggo, bersama …