Pemkab Probolinggo Wacanakan Kembali Tutup Pasar Hewan

KRAKSAAN-PANTURA7.com, Sepekan ini, pedagang hewan mulai kembali beraktivitas di sejumlah pasar hewan di Kabupaten Probolinggo. Mereka bak menemukan ‘oase’ setelah sebelumnya pasar hewan ditutup selama 3 bulan akibat Covid-19.

Namun, Pemerintah Kabupaten Probolinggo melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag), mewacanakan menutup kembali pasar hewan. Apalagi, pembukaan pasar hewan sifatnya hanya sebatas uji coba.

Kepala Disperindag Kabupaten Probolinggo, Dwijoko Nurjayadi menegaskan, masa uji coba pasar hewan akan terus dilakukan sampai ada persetujuan secara resmi dari Bupati Probolinggo, P. Tantriana Sari.

“Kami akan terus lakukan uji coba sampai ada pembukaan secara resmi dan para pedagang juga sudah siap menerapkan protokol kesehatan. Baru kalau sudah siap, kami akan membukanya secara resmi,” kata Dwijoko, Sabtu (4/7/2020).

Dalam masa uji coba tersebut, Dwijoko berharap, semua pedagang pasar hewan mematuhi anjuran dari Pemkab Probolinggo terkait protokol kesehatan. Sebab, keputusan pembukaan pasar hewan tergantung pada tingkat kepatuhan para pedagang.

“Semakin patuh pedagang, semakin cepat kami buka. Sebaliknya juga begitu, kalau protokol kesehatannya dibiarkan atau bahkan diabaikan, maka proses uji coba akan berkelanjutan,” jelas mantan Kasatpol PP Kabupaten Probolinggo ini.

Bahkan, imbuh dia, pihaknya tidak segan-segan akan kembali menutup kembali pasar hewan jika anjuran penerapan protokol kesehatan dari pemerintah diabaikan. Meski pasar hewan sudah dibuka secara resmi sekaipun.

“Sekarang kan masih uji coba. Tapi katakanlah nanti jika dibuka dan mereka pedagang hewan mengabaikan protokol kesehatan, ya kami akan tutup lagi. Jadi tergantung tingkat kepatuhan mereka menerapkan protokol kesehatan,” tutup dia. (*)


Editor : Efendi Muhammad
Publisher : A. Zainullah FT


Baca Juga  Gorong-gorong di JLU Diresmikan, Jantung Kota Bebas Kendaraan Berat

Baca Juga

Tabrak ‘Bokong’ Truk, Pemuda Krejengan Meregang Nyawa

Probolinggo – Kecelakaan maut kembali terjadi di Jalur Pantura, Kelurahan Patokan, Kecamatan Kraksaan, Kabupaten Probolinggo. …