RSUD dr Moh. Saleh Jadi Rujukan Specimen Swab di Tapal Kuda

MAYANGAN-PANTURA7.com. Memiliki alat swab canggih, kini Kota Probolinggo dipercaya mampu melakukan tes swab dalam waktu 45 menit.

Selain kecepatan hasil, alat ini juga diklaim mampu melakukan tes swab terhadap ratusan specimen dalam sehari. Alat ini sekarang ada di RSUD dr Mohamad Saleh Kota Probolinggo.

Hak itu tertuang dalam surat dari Kepala Dinas Kesehatan Propinsi Jawa Timur Nomor 443.33/6562/102.3/2020 pada tanggal 14 Mei lalu. Juga surat dari Kepala Dinas Kesehatan Jawa Timur tanggal 22 Mei lalu

“Intinya, RS rujukan laboratorium untuk swab ada empat rumah sakit. Yakni, RSUD Moh. Saleh, Probolinggo, RS Lavalette Malang, RSUD dr Iskak Tulungagung dan RSUD Bangil,” kata Walikota Hadi Zainal Abidin, Sabtu (30/5/2020).

Dikatakan pihaknya terus berupaya memutus rantai penyebaran Covid-19. Caranya dengan mendatangkan alat swab buatan Korea Selatan ini.

“Kami datangkan alat swab canggih dari Korea Selatan guna memutus rantai penyebaran Covid-19 khusus di Kota Probolinggo. Kecepatan hasilnya memungkinkan kita nanti bisa cepat mengambil langkah tindakan medis dan isolasi pasien yang terpapar Covid-19,” kata Habib Hadi, panggilan akrab walikota.

Sementara itu, Plt Kepala Dinkes Kota Probolinggo, dr. NH Hidayati mengatakan, alat ini hanya ada satu di wilayah tapal kuda yakni di RSUD dr Mohamad Saleh Kota Probolinggo.

Nantinya alat ini bisa untuk menguji keakurasian yang tinggi specimen swab dari rumah sakit se-tapal kuda, seperti Banyuwangi, Situbondo, Bondowoso, Jember, Lumajang, dan Kabupaten Probolinggo.

“Alat swab yang ada di RSUD Dr Mochamad Saleh itu merupakan alat standar untuk pemeriksaan swab pasien Covid-19. Dan hasilnya bisa dilihat hanya membutuhkan waktu 45 menit,” ujarnya.(*)


Editor: Ikhsan Mahmudi

Publisher: Muhammad Rizal

Baca Juga  2023, DPRD Akan Bahas 17 Propemperda

Baca Juga

Sengketa Tanah Picu Konflik Sosial, Pemkab Lumajang Galakkan Sertifikasi Tanah Elektronik

Lumajang,- Puluhan tahun lamanya, beberapa masyarakat Kabupaten Lumajang mengalami krisis sosial yang disebabkan oleh sengketa …