Lagi, 5 Nakes di Probolinggo Terpapar Covid-19

KRAKSAAN-PANTURA7.com, Angka pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Probolinggo terus membengkak. Per Selasa (26/5/2020), terdapat 5 pasein baru sehingga total seluruh warga terpapar Covid-19 mencapai 88 orang.

Kelima pasien tersebut masuk dalam Klaster Tenaga Kesehatan (Nakes). Masing-masing 1 orang dari RSUD Waluyo Jati Kraksaan, 3 orang dari RSUD Tongas dan 1 orang dari Puskesmas Wangkal, Kecamatan Gading.

Jubir Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Probolinggo, dr. Anang Budi Yoelijanto mengatakan, 5 tenaga kesehatan yang terpapar virus corona tersebut sejatinya bukan merupakan warga Kabupaten Probolinggo.

“Lima orang yang terkonfirmasi positif Covid-19 ini sebenarnya merupakan warga Kota Probolinggo yang bertugas di Kabupaten Probolinggo. Semula dimasukkan di Kota Probolinggo, kemudian dialihkan ke Kabupaten Probolinggo,” katanya.

Dimasukkan ke Kabupaten Probolinggo, lanjut dr. Anang, lantaran sudah menjadi prinsip Bupati Probolinggo, Puput Tantriana Sari, yang ingin melindungi dan mengayomi warga yang bertugas di wilayahnya.

“Oleh karena itu, kelima orang ini kemudian dicatat ke dalam kasus Kabupaten Probolinggo. Sebenarnya dalam peraturannya berdasarkan tempat tinggal, tapi karena mereka bekerja di Kabupaten Probolinggo maka kita terima,” ujarnya.

Saat ini, sambung dr. Anang, kondisi kelima pasein masih sehat dan menjalani isolasi di rumah pengawasan dengan pengawasan ketat dari petugas medis dan Tim Satgas Covid-19 Kabupaten Probolinggo.

“Sumber penularannya, pasien yang RSUD Tongas berasal dari kontak erat dengan nakes sebelumnya. Sedangkan dari RSUD Waluyo Jati dan Puskesmas Wangkal kita tidak tahu sumbernya, tetapi sepertinya masuk dalam penularan horizontal,” tutur dia. (*)


Editor : Efendi Muhammad
Publisher : A. Zainullah FT


Baca Juga  Hoaks; Informasi PLN Berikan Subsidi Listrik Pintar

Baca Juga

Videotron Alun-alun Kraksaan akan Diganti, Pemkab Probolinggo Rogoh Rp2 M

Probolinggo,- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo berencana mengganti videotron di Alun-alun Kraksaan. Pasalnya, videotron tersebut sudah …