Pasar Ikan Mayangan Tutup, Pedagang Berjualan di Luar

MAYANGAN-PANTURA7.com. Sejumlah pedagang di Pasar Ikan Mayangan, Kota Probolinggo nekat berjualan kendati Pemerintah Kota Probolinggo masih menutup pasar selama tiga hari selama terkait lebaran. Mereka memilih membuka lapak di luar pasar daripada menganggur di rumah.

Kendati pembeli minim, pedagang tetap mengelar dagangannya di halaman luar di pasar. Sekitar 20 pedagang yang nekat buka, Selasa (26/5/2020). Mereka berjualan bandeng, tongkol, udang besar, kakap, hingga sayur-mayur dan aneka bumbu dapur.

Maimunah (49), pedagang ikan mengaku, nekat berjualan di luar pasar. “Alhamdulillah laku juga. Paling ramai ya pas puncaknya, yakni H-1 Lebaran lalu bisa dapat untung cukup,” ujarnya.

“Lebaran ini lebih sepi daripada lebaran tahun lalu. Banyak yang dari jauh tidak bisa pulang. Saudara banyak di luar kota, maklum situasi masih pandemi covid, jadi tidak bisa silaturahmi,” ujarnya.

Pedagang lainnya, Adi ( 35), juga nekat berjualan daripada di rumah sepi tidak ada pekerjaan.

“Yang beli juga tidak banyak. Kami memilih berjualan di luar pasar. Pembeli tidak masuk pasar karena pasar masih tutup, besok sudah normal lagi seperti biasa,” ujarnya.

Informasi yang didapat, Pasar Ikan Mayangan tutup selama tiga hari. Akses masuk ke pasar itu ditutup dengan pagar besi.

Sementara itu Kepala Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan (Dipertahankan),Sudiman membenarkan, Pasar Ikan Mayangan baru dibuka Rabu besok (27/5/2020). Hal itu sudah disosialisasikan kepada seluruh pedagang beberapa waktu lal.

“Selain itu kami juga menginfokan kepada para pedagang agar tetap memakai masker, jaga jarak saat beraktivitas,” katanya via ponselnya. (*)


Editor: Ikhsan Mahmudi

Publisher: Muhammad Rizal


Baca Juga  KEK Singhasari Minta AMSI Bangun Klaster Media Siber

Baca Juga

Harga Beras dan Gabah Jomplang Banget! Petani Lumajang Salahkan Beras Impor

Lumajang,- Harga beras premium di Kabupaten Lumajang kini mencapai Rp15.000 ribu per kilogram (kg). Ironisnya, …