Sudah Naik Level, UNZAH Segera Buka Prodi Baru

KRAKSAAN-PANTURA7.com, Surat Keputusan (SK) alih status Institut Ilmu Keislaman Zainul Hasan (INZAH) menjadi Universitas Islam Zainul Hasan (UNZAH) Genggong disampaikan di Aula KH. Hasan Saifourridzal UNZAH, Jalan Raya PB Sudirman, Kraksaan, Kabupaten Probolinggo, Jum’at (8/5/2020).

Pandemik corona virus disease 2019 (Covid-19), membuat SK disampaikan oleh Direktur pada Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Dirjen Kemenag, Prof. Dr. M. Arskal Salim, GP, Mag, via daring (online).

Rektor UNZAH Genggong, Dr. Abdul Aziz Wahab mengatakan, dengan alih status yang menaikkan level kampus, maka pihak civitas akademika harus lebih giat dalam meningkatkan kinerja ataupun program kerjanya.

“Terlebih dalam perekrutan mahasiswa-mahasiswi baru. Karena selain dengan beralihnya status menjadi Universitas, kami juga akan menambah program studi (Studi, red),” kata Dr, Abdul Aziz Wahab, M.Ag.

Rektor UNZAH Genggong, Dr. Abdul Aziz Wahab bersama para civitas akademika saat penyerahan SK alih status via daring (online). (Foto : Moh. Ahsan Faradies).

Proyeksi prodi tambahan itu, terang Dr. Abdul Aziz meliputi prodi Penjaskes dan Tadris IPA di Fakuktas Tarbiyah. Ia juga menargetkan perekrutan mahasiswa-mahasiswi bisa maksimal. Oleh karenanya, ia memerintahkan jajaran Kepala Program Studi (Kaprodi) memperkenalkan prodinya.

“Salah satunya kami minta setiap Kepala Program Studi untuk membuat ucapan selamat atas alih status ini dengan mencantumkan nama prodinya masing-masing, kemudian disebarkan di media sosial,” terangnya.

Pria yang juga Kepala Biro Pendidikan Pesantren Zainul Hasan (PZH) Genggong ini berharap, dengan alih status menjadi universitas, barokah para Masyayikh Pesantren Zainul Genggong tetap mengaliri salah satu kampus tertua di Probolinggo itu.

“Tetap mendapat barokah dari Almarhum Al-arif billah Kyai Hasan Sepuh Genggong, Kyai Hasan Saifurridzal dan Nyai Himami Hafsawati,” harapnya yang diamini segenap jajaran civitas akademika seusai melakukan sujud syukur.

Sekedar informasi, Universitas Zainul Hasan didirikan oleh Almarhum Al-Arifbillah KH. Hasan Saifourridzall pada 31 Desember 1968. Kemudian disahkan oleh Menteri Agama Republik Indonsia, ditandai dengan SK (surat keputusan) Menteri agama RI Nomor 038/1971.

Baca Juga  Jelang Pemilu 2024, Rektorat UNZAH Probolinggo Sebut Kondisi Grassroot Landai Santai

Dalam perkembangannya, UNZAH berubah menjadi Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Zainul Hasan Genggong pada tahun 1997. Saat itu, ada dua Prodi S-1 yang tersedia, yakni Jurusan Pendidikan Agam Islam (Tarbiyah) dan Jurusan Perbandingan Madzhab dan Hukum (Syari’ah). (***)


Editor : Efendi Muhammad
Publisher : A. Zainullah FT


Baca Juga

Arus Balik, Penumpang KA di Stasiun Bangil Melonjak 40 Persen

Pasuruan,- H+4 Lebaran, Stasiun Bangil di Kabupaten Pasuruan dipadati penumpang yang melakukan perjalanan mudik balik. …