Pabrik Rokok Jadi Klaster Baru Penyebaran Covid-19, DPRD Jatim; Kecolongan

GENDING-PANTURA7.com, Jumlah pasien positif corona virus disease 2019 (Covid-19) di Jawa Timur terus bertambah. Pabrik rokok PT. HM Sampoerna di Rungkut, Surabaya, kini menjadi klaster baru penyebaran virus mematikan itu.

Klaster Sampoerna ini diketahui setelah pihak perusahaan datang ke Gedung Grahadi, pada 28 April lalu, untuk menjelaskan dugaan adanya penyebaran Covid-19 di pabrik. Hasilnya, didapati 64 karyawan positif dan sejumlah orang lainnya menunggu hasil swab keluar.

Menyikapi hal itu, anggota Komisi C DPRD Provinsi Jawa Timur, Ahmad Hilmy menilai, kawasan industri yang melibatkan interaksi banyak orang seharusnya menerapkan SOP (Standar Operasional Prosedur) baru, guna mengantisipasi penyebaran Covid-19.

“Memang kemarin itu sempat kecolongan, namun alhamdulillah sudah tertangani dengan baik. Para karyawan sudah diisolasi,” kata Hilmy, Senin (4/5/2020) malam.

Meski demikian, politisi PKB ini mengajak semua pihak, agar lebih berkonsentrasi pada proses penanggulangan karyawan pabrik. Hal itu, imbuh dia, lebih penting daripada saling lempar tanggung jawab dan saling menyalahkan.

“Alhamdulillah, setahu saya Pemkot (Surabaya) dan Pemprov (Jatim) sudah bersinergi dengan baik untuk melakukan penanganan,” tandas pria yang juga Wakil Sekretaris PW GP Ansor Jatim ini.

Hingga Senin (4/5/2020), terdapat 20.116 orang dalam pemantauan (ODP), 3.409 pasien dalam pengawasan (PDP), 1.124 dinyatakan positif Covid-19 di Jawa Timur. Adapun pasien sembuh 187 orang dan total pasien meninggal dunia 120 orang. (*)


Editor : Efendi Muhammad
Publisher : A. Zainullah FT


Baca Juga  Pedagang Pasar di Probolinggo; 108 Reaktif, 14 Positif Covid-19

Baca Juga

Perangi DBD, Pemkab Lumajang Enggan Hanya Andalkan Fogging

Lumajang,- Pj Bupati Lumajang, Indah Wahyuni menilai fogging atau pengasapan bukan solusi yang efektif untuk …