MAYANGAN-PANTURA7.com, Pemerintah Kota (Pemkot) Probolinggo terus berupaya mencegah penularan virus corona atau Covid-19 di wilayahnya. Setelah pencegahan dengan cara menyemprotkan desinfektan ke seantero kota dilakukan, giliran masker dam hand sanitizer disebar.

Pemkot dipimpin Wali Kota, Habib Hadi Zainal Abidin, membagikan masker dan hand sanitizer di sejumlah tempat ibadah di wilayah Kecamatan Mayangan, Jum’at (27/3/2020). Tak hanya itu, alat kesehatan itu juga dibagikan di pasar tradisional.

Di masjid Al Islah, Kelurahan Sukabumi, Wali Kota membagikan masker dan hand sanitizer kepada jamaah. Selain itu, ia memberi arahan tentang pentingnya kesehatan dan kebersihan badan serta lingkungan.

“Virus corona ini mrngingatkan kembali kepada kita, pentingnya menjaga kesehatan dan kebersihan dengan cuci tangan, dan menutup hidung serta mulut dengan masker jika sakit,” jelas Wali Kota.

Wali Kota kemudian membagina masker dan hand sanitizer di Pasar Kronong dan Mangunharjo. “Jangan lupa cuci tangan, terus pakai maskernya. Kalau tidak sempat (cuci tangan) semprotkan cairan itu,” ujar Wali Kota sambil memberikan masker dan hand sanitizer ke pedagang buah di Pasar Mangunharjo.

Camat Mayangan, M. Abbas menjelaskan, hand sanitizer yang dibagikan merupakan buatan sendiri, berdasarkan tutorial yang disarankan oleh pihak kesehatan. Dua komoditas itu, ujar Abbas, tentu sangat dibutuhkan ditengah ancaman virus corona.

“Alhamdulillah, kami buat sendiri hand sanitizernya. Bersama tiga pilar kami menyiapkan 200 botol hand sanitizer dan 300 masker kain untuk dibagikan secara gratis,” paparnya. (*)


Editor : Efendi Muhammad
Publisher : Rizal Wahyudi