Edukasi Sehat ala Kampung Dalang; Satu Rumah, Satu Wastafel

MAYANGAN-PANTURA7.com, Paparan virus corona atau Covid-19 yang kian meluas, membuat sebagian masyarakat dilanda kepanikan. Buntutnya, warga berbondong-bondong memburu cairan pembersih tangan atau hand sanitizer sebagai upaya pencegahan.

Fenomena panic buying ini membuat harga cairan pembersih tangan melambung, bahkan di beberapa tempat hand sanitizer menjadi komoditas langka.

Namun di Kampung Dalang, tepatnya di RT/02 RW/05 Kelurahan Jati, Kecamatan Mayangan, Kota Probolinggo, pembelian panik tak terjadi. Sebab di kampung tersebut, tersedia puluhan wastafel (tempat cuci tangan) di tiap-tiap rumah.

“Wastafel yang dipasang di depan rumah warga ini sumber pendanaannya berasal dari swadaya. Untuk memberikan kesan indah selaras dengan nama Kampung Dalang, wastafel ini dibuat dengan memanfaatkan wadah bekas cat,” kata Ketua RW 05 Kampung Dalang, Misnandar, Rabu (25/3/2020).

Ia menambahkan, membersihkan tangan dari bakteri dan kotoran menggunakan sabun dengan air mengalir, lebih baik dibandingkan hand sanitizer. Sebab kata dia, sabun tidak menggunakan bahan kimia sehingga aman untuk kulit tangan.

“Ya lebih bagus cuci tangan dengan sabun daripada menggunakan hand sanitizer. Program ini juga bagian dari kampanye cuci tangan pakai sabun yang sudah sejak lama diterapkan,” imbuh Misnandar.

Sementara itu, salah satu warga RT/02 RW/05, Wiwin mengaku, gerakan satu rumah satu wastafel ini membuat ia dan warga lain terbiasa mencuci tangan. Dengan begitu,, jelasnya, warga lebih peduli kebersihan sehingga terhindar dari penyakit, tak terkecuali virus corona.

“Selain itu, juga bisa menambah pengetahuan masyarakat tentang pola hidup bersih dan sehat,” tutur Wiwin.

Seiring dengan gegernya warga dengan sebaran virus corona, menurut Wiwin, warga di kampungnya justru anteng-anteng saja. “Warga disini sadar bahwa mencuci tangan dengan air mengalir efektif mencegah penyakit, infeksi dan virus,” jelas dia. (*)

Baca Juga  Muncul Klaster Perkantoran di Kota Pasuruan, Pasien Capai 34 Orang


Editor : Efendi Muhammad
Publisher : Rizal Wahyudi


Baca Juga

Sejak Januari-Maret, Puluhan Warga Kota Probolinggo Terjangkit DBD

Probolinggo,- Selama tiga bulan terakhir, Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinkes-P2KB) Kota mendata, …