Stok Melimpah, Harga Tongkol Anjlok

KRAKSAAN-PANTURA7.com, Harga ikan laut di sejumlah pasar tradisional di Kabupaten Probolinggo mulai turun. Penurunan harga tersebut lantaran banyaknya stok ikan dari para nelayan yang sudah mulai beraktivitas normal pasca diganggu cuaca buruk.

Pantauan PANTURA7.com, terdapat dua jenis ikan laut yang harganya mulai anjlok. Yakni ikan tongkol yang harganya saat ini hanya Rp. 9 ribu per kilogram. Padahal harga sebelumnya Rp. 20 – 25 ribu per kilogram.

Selanjutnya Ikan “Lakbeng” atau yang dikenal dengan sebutan ikan layar. Harga jenis ikan ini sudah hanya Rp. 7 ribu per kilogram. Harga sebelumnya berada dikisaran Rp. 10 – 17 ribu per kilogramnya.

Penurunan harga ikan dibenarkan oleh Istiqomah (30) Pedagang ikan di Pasar Semampir, Kraksaan. Menurut, turunnya harga dua jenis ikan itu karena pasokan ikan dari para nelayan terlalu banyak, sehingga stok penjualan melimpah.

“Turunnya baru kemarin-kemarin ini. Kira-kira sudah dapat tiga harian,” kata pedagang asal Desa Kalibuntu, Kecamatan Kraksaan ini, Selasa (21/1/2020).

Terpisah, Moh. Abbas (32), nelayan asal Desa Kalibuntu, mengatakan, turunnya harga ikan layar dan ikan tongkol memang wajar. Penyebabnya, saat ini memasuki musim kedua perkembangbiakan jenis ikan tersebut.

“Sudah musimnya tongkol dan layar sekarang. Rata-rata nelayan yang sudah melaut sejak 4 hari yang lalu, hasil tangkapan kebanyakan dua ikan itu,” ujar Abbas.

Sehingga, sambung pria dua anak ini, pasokan ikan tongkol dan layar dari nelayan ke pasaran, langsung meningkat dan berpengaruh kepada harga jualnya.

“Sekarang sudah musimnya, jadi tangkapan nelayan lumayan. Selain itu, sekarang nelayan melaut semua setelah sebelumbya istirahat karena cuaca buruk,” tuturnya. (*)


Editor : Efendi Muhammad
Publisher : A. Zainullah FT


Baca Juga  Harga Tomat Anjlok, Petani Menjerit

Baca Juga

Susul Bawang Merah, Harga Cabai Rawit dan Cabai Besar Juga Naik

Probolinggo,- Selain bawang merah yang harganya naik, dua komoditas dapur cabai rawit dan cabai besar …