Zona Merah Pilkades Masih Aman

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Polres Probolinggo telah memetakan zona merah dalam Pilkades serentak 2019. Terdapat 4 kecamatan, yakni Kecamatan Besuk, Kecamatan Kraksaan, Kecamatan Maron dan Kecamatan Paiton yang dikategorikan zona merah.

Di 4 kecamatan itu, terdapat 9 desa yang menggelar pilkades. Di Kecamatan Besuk terdapat 3 desa, yakni Desa Krampilan dengan dua calon kepala desa (Cakades), Desa Matekan dan Kecik yang masing-masing terdapat empat cakades.

Di Kecamatan Kraksaan, terdapat dua desa yang menggelar pilkades. Yaitu Desa Bulu dengan 5 cakades dan Rondokuning dengan tiga cakades. Sementara di Kecamatan Maron hanya 1 desa, yaitu Desa Brumbungan Kidul dengan empat cakades.

Terakhir, ada Kecamatan Paiton dengan dua desa yang masuk dalam peta zona merah. Yaitu Desa Jabungsisir dan Petunjungan yang masing-masing memunculkan dua cakades.

“Semuanya berpotensi kerawanan. Bahkan ada beberapa gesekan tadi, namun masih bisa dikendalikan. Ya mohon doanya, pilkades kali ini bisa berjalan dengan aman,” kata Kapolres Probolinggo AKBP Eddwi Kurniyanto, Senin (11/11).

Jika dalam pantauannya, lanjut Kapolres, didapati ada gesekan maupun gangguan keamanan dari pihak yang tidak bertanggung jawab, pihaknya akan menambah personil keamanan. Hal itu, kata dia, demi kelancaran pilkades yang digelar serentak.

“Kalau ada gesekan yang kami terima, maka akan kami tambah kekuatan. Sejauh ini personil yang kami siapkan sudah bertugas di beberapa desa,” tuturnya.

Untuk pengamanan pilkades, Polres Probolinggo imbuh Eddwi menerjunkan 260 personel. Di setiap TPS, sedikitnya 5 anggota kepolisian berjaga yang dibantu oleh 15 orang petugas Perlindungan Masyarakat (Linmas) dan 5 anggota Koramil di tiap desa.

“Juga ada 10 personel yang siaga di 8 Mapolsek dan 100 anggota TNI berjaga di Mapolres Probolinggo. Pengamanan akan terus dilakukan selama proses pilkades berlangsung sampai penetapan Kepala Desa terpilih diputuskan,” tutup Eddwi. (*)

Baca Juga  Cegah Covid-19, Zona Merah dan Kuning Disemprot Disinfektan


Editor : Efendi Muhammad
Publisher : A. Zainullah FT


Baca Juga

Viral! Video Mesum di Sekitar Taman Semeru Kota Probolinggo Disaksikan Anak Kecil

Probolinggo,- Viral di media sosial (sosmed) facebook (FB) yang menunjukkan aksi tidak senonoh (bercumbu) diatas …