PROBOLINGGO-PANTURA.com, Dunia pendidikan rupanya menjadi aset terpenting dalam upaya membangun bangsa. Kepedulian di bidang pendidikan tersebut ditunjukkan para relawan pengajar untuk membangun rumah belajar di lingkungan masyarakat.

Sebuah rumah belajar atau rumah pintar khusus anak-anak berjuluk  ‘Rumah Pintar Petualang Batutah’ berdiri di RT 01 RW 05 Kelurahan Kedungasem, Kecamatan Wonoasih, Kota Probolinggo.

Didirikan November 2018 lalu, awalnya rumah pintar ini diperuntukkan anak-anak penerima manfaat bantuan sosial (Bansos) Program Keluarga Harapan (PKH). Namun tingginya minat anak-anak di sekitarnya membuat ruang lingkupnya makin meluas.

Salah satu pendiri Rumah Pintar Petualang Batutah, Yanuar Setyo Widodo mengatakan, pendirian rumah pintar itu untuk memberdayakan anak-anak PKH. Namun konsep belajar yang menarik membuat anak-anak lainnya ingin ikut.

“Awalnya kita kan hanya untuk anak PKH. Namun mendapat respon baik sehingga lebih luas. Ada enam relawan pengajar saat ini, salah satu konsepnya adalah belajar dengan bermain,”ucap Yanuar yang juga pendamping PKH Kecamatan Wonoasih, Minggu (18/8).

Jika awal didirikan, hanya ada sekitar 30 anak-anak, kini sudah 70-100 anak yang belajar. Biasanya mereka belajar pada sore hari, jika hari Minggu biasa dilakukan pada pagi hari.

Soal biaya selain gratis, para pengurus dan relawan pengajar secara sukarela mengumpulkan sumbangan untuk proses belajar mengajar.

Terpisah, Lurah Kedungasem Nurhadi merespon upaya yang dilakukan para relawan pengajar. Pasalnya sesuai dengan upaya pemerintah (Presiden Joko Widodo) dalam membangun generasi bibit unggul.

“Kami sangat merespon baik, apalagi dilakukan secara mandiri dalam mencerdaskan kehidupan bangsa bagi anak-anak. Tak hanya belajar, rupanya anak-anak juga diajarkan bagaimana menjaga lingkungan sekitar,” ucap Nurhadi.

Ke depan, Rumah Pintar Petualang Batutah akan terus dikembangkan. Harapannya bisa menjadi Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM). (*)

 

 

Penulis: Rahmad Soleh

Editor: Ikhsan Mahmudi

Facebook Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here