Dipicu Warisan, Anak Gugat Ibu Kandung

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Seorang anak menggugat ibu kandung dan saudaranya sendiri karena masalah warisan. Gugatan perdata tersebut digelar pada Rabu (7/8) siang di Pengadilan Negeri (PN) Kota Probolinggo.

Penggugat adalah Anette Sugiharto (40), warga Desa Maron Wetan, Kecamatan Maron Kabupaten Probolinggo. Ia menggugat ibunya Melania Anggraeny (68), Kakaknya Julius Sugiharto (42), dan adiknya Trifena Sugiharto (36) yang selanjunya disebut Tergugat I, II dan III.

Kepada PANTURA7.com, Kuasa Hukum Penggugat Muhammad Huna menjelaskan, gugatan bermula saat keluarga atau tergugat membalik namakan Sertifikat Hak Guna Bangunan (SHGB) tanpa memasukkan nama penggugat.

“Jadi awalnya nama SHGB atas nama Eddy Widodo Sugiharto atau ayah dari penggugat. Nah karena penggugat dalam SHGB tidak dimasukkan, maka hal itulah yang menjadi alasan gugatan dilakukan,” kata Huna.

Dalam SHGB berdasar akta waris nomor 34 yang dibuat pada 10 Juni 2011 itu, penggugat tidak dimasukkan sebagai anak dari pemilik warisan, alm. Eddy Widodo Sugiharto.

Warisan yang dimaksud adalah tanah beserta bangunan seluas 984 m2 yang terletak di Jalan W.R. Supratman Kelurahan Mangunharjo, Kecamatan Mayangan, Kota Probolinggo.

Kepada majelis hakim, penggugat meminta agar gugatannya diterima dan penggugat juga mendapat warisan karena ia mengklaim sebagai ahli waris yang sah.

Sementara itu, WR Djando selaku kuasa hukum tergugat berharap persoalan ini segera ada titik temu. “Kita ikuti saja jalannya persidangan, namun semoga ada titik temu secepatnya,” singkatnya.

Sidang yang berlangsung terbuka secara umum itu, dipimpin Majelis Hakim Eva Rina Sihombing. Sidang tak berlangsung lama karena Hakim meminta kedua belah pihak melakukan mediasi. (*)

 

Penulis : Rahmad Soleh
Editor : Efendi Muhammad

Baca Juga  Polres Probolinggo Lepas 17 Anggota Purna Dengan Arakan Becak Hias

Baca Juga

Polisi Bongkar Pabrik Sabu di Pandaan, 3 Pria Ditangkap

Pasuruan,- Satuan Reserse Narkoba (Satresnarkoba) Polres Malang menggerebek sebuah rumah di Desa Petungsari, Kecamatan Pandaan, …