Cegah Pungli, Sekolah Disidak

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Wali Kota Probolinggo Hadi Zainal Abidin bersama Wawali Mochammad Soufis Subri melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke sejumlah sekolah, Rabu (17/7). Sidak dilakukan untuk antisipasi pungutan liar (pungli) memasuki tahun ajaran baru.

Sidak dimulai di SD Kanigaran 1 yang terletak di Jalan Cokroaminoto. Keduanya lantas bergeser ke SMP Negeri 5 yang terletak bersebelahan dengan sekolah dasar tersebut. Sidak berakhir di SD Sukabumi 10 di Jalan Dahlia.

Dalam sidak di 3 lokasi itu, Hadi dan Subri masuk ke kelas-kelas. Mereka menyapa para siswa di dalam kelas masing-masing. Percakapan singkat pun terjadi, dari soal cita-cita hingga pemaparan siswa tentang bermain gadge.

Ketika berada di ruang kelas, Walikota menyampaikan banyak pesan kepada para murid. Salah satunya, ikut mengampanyekan aksi KPK, bahwa anak-anak tidak boleh nyontek, berbuat curang dan tidak jujur.

“Harus jujur ya. Harus berani. Tidak boleh berbohong dan ikuti semua aturan di sekolah. Tidak usah takut dimusuhi temannya karena kalian sudah jujur,” pesan orang nomor satu di Kota Probolinggo ini.

Ia pun bersyukur belum ada laporan terkait biaya sekolah untuk sekolah di tahun ajaran baru ini. “Alhamdulillah masyarakat memahami kebijakan yang diambil oleh pemerintah,” tegas Habib Hadi.

Saat berada di SD Kanigaran 1, banyak wali murid yang menanyakan tentang seragam gratis yang akan diberikan oleh Pemerintah Kota Probolinggo. “Tinggal tunggu perubahan (P-APBD), sekarang masih kami hitung,” tutur Hadi.

Pendidikan gratis yang dicanangkan di masa kepemimpinan Wali Kota Habib Hadi dan Wawali Subri ini benar-benar disambut baik para wali murid. Misalnya saja Santi Harmunis, wali murid dari siswa SD Negeri Sukabumi 2.

“Anak saya gratis masuknya, tidak ada pungutan apapun,” ujarnya. (*)

Baca Juga  Pendapatan Daerah Kabupaten Probolinggo Tahun 2019 Diprediksi Turun 15,42%

 

Penulis : Moh Rochim
Editor : Efendi Muhammad

 

Baca Juga

Tambah 54 PJU Baru, Dishub Kota Probolinggo Alokasikan Anggaran Rp860 Juta

Probolinggo,- Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Probolinggo akan menambah puluhan Penerangan Jalan Umum (PJU) di sejumlah …