Harga Ayam Tingkat Peternak Mulai Stabil

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Setelah beberapa hari ini harga ayam boiler di tingkat peternak anjlok, kini mulai stabil. Imbasnya harga daging ayam mulai merangkak naik di pasar.

Pantauan PANTURA7.com pada Senin (2/7). Harga daging ayam di Pasar Baru Kota Probolinggo Rp 32 ribu per kilogram (kg). Sementara di Pasar Wonoasih Rp 30 ribu per kg. Jika dibanding beberapa hari yang lalu harganya bisa sampai Rp 20- 24 ribu per kg.

Kondisi tersebut menurut salah satu pedagang daging ayam, Mujiati (37), karena harga kulak yang naik. Otomatis harga jual dagingnya pun naik.

“Iya harganya naik sekarang. Karena dari stok juga naik harganya. Mau tidak mau kita naikan,” jelasnya.

Ia menilai hal itu tidak masalah dengan catatan stok tidak minim. “Ya tidak apa-apa sih, yang penting stoknya masih ada di pasar,” harap Mujiati.

Sementara itu, berdasar informasi peternak ayam nusantara, harga ayam di beberapa daerah mulai stabil. Di Jawa Timur di antaranya Pasuruan, Gresik, dan Probolinggo berkisar antara Rp 17-18 ribu per kg.

Harga tersebut termasuk naik jika sebelumnya sempat anjlok sampai Rp 7 ribu per kg di tingkat peternak. Dinas Koperasi Usaha Mikro Perdagangan dan Perindustrian (DKUPP) Kota Probolinggo pun mengupayakan agar harga ayam tetap stabil.

“Memang ada kenaikan namun masih tergolong wajar. Jangan sampai harganya terlalu tinggi juga. Ya kisaran 32-40 ribu per kilogram batasnya,” ucap Kepala DKUPP, Gatot Wahyudi. (*)

Penulis : Rahmad Soleh
Editor : Ikhsan Mahmudi

Baca Juga  Belum Ada Kasus PMK, DPKPP Kota Probolinggo Lakukan Survei

Baca Juga

Tolak Revisi RUU Penyiaran, Jurnalis Pasuruan Turun Jalan

Pasuruan,- Puluhan jurnalis di Pasuruan menggelar unjuk rasa di depan Kantor DPRD setempat, Rabu (15/5/24). …