Harga Ayam Potong Mendekati Rp 50 Ribu/Kg

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Jelang Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriyah, Wakil Bupati (Wabup) Probolinggo Timbul Prihanjoko melakukan inspeksi mendadak (sidak) ketersediaan barang kebutuhan pokok dan pengawasan makanan dan minuman (mamin) di Pasar Dringu, Jum’at (31/5/2019).

Sidak diawali di lapak pedagang daging ayam yang berada di dekat pintu masuk pasar. Dalam kesempatan tersebut, Wabup Timbul dan rombongan menanyakan perkembangan harga dan ketersediaan daging ayam kepada sang pedagang.

Pemantauan selanjutnya dilakukan pada komoditas beras, telor ayam, gula dan minyak goreng. Kemudian berlanjut kepada pedagang daging sapi dan komoditas sayur mayur. Sidak berakhir di komoditas ikan laut yang berada di sisi utara pasar.

Dari hasil sidak, diketahui bahwa harga barang-barang kebutuhan pokok dan mamin masih relatif stabil. Hanya ada beberapa komoditas tertentu saja yang harganya naik, seperti daging ayam. Sementara stok beras, telor, gula dan minyak goreng relatif masih aman dan harganya stabil.

“Daging ayam naik sebesar Rp 3.000 per kilogram dari minggu sebelumnya. Informasi dari pedagang, biasanya daging ayam itu setiap hari harganya naik hingga menjelang lebaran bisa sampai Rp 50.000 per kilogram,” kata Wabup Timbul.

Mengantisipasi terjadinya lonjakan harga secara drastis, Timbul menghimbau masyarakat tidak cenderung kepada satu komoditas saja untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Masyarakat hendaknya membeli komoditas lain yang harganya terjangkau dan mudah didapat sebagai alternatif.

“Kami juga menghimbau kepada peternak dan pemasok supaya pasokannya kepada para pedagang daging ayam ini bisa lancar. Sebab kalau pasokannya tidak lancar, maka harganya akan tinggi dan mengalami kenaikan,” jelasnya.

Sementara, harga dan stok daging sapi terpantau masih normal. Wabup berharap, meski ada kenaikan sekiranya tidak terlalu signifikan sehingga dapat membebani masyarakat. “Kalau cuma naik sedikit, itu masih wajar jika melihat permintaan masyarakat yang sangat tinggi,” tandasnya. (*)

Baca Juga  Toko STB di Kota Probolinggo Dibanjiri Pembeli

 

Penulis : Mohamad Rochim
Editor : Efendi Muhammad

Baca Juga

Sempat Mandek, Pembangunan Gedung Inspektorat Kota Probolinggo Bakal Dilanjutkan

Probolinggo,- Pembangunan gedung Inspektorat Kota Probolinggo yang sempat mandek pada tahun 2023 lalu, akan kembali …