Bromo Kembali Semburkan Abu Vulkanik, Bukit Penanjakan Terpapar

PASURUAN-PANTURA7.com, Guyuran abu kembali menghujani sejumlah kawasan di lereng Gunung Bromo. Paparan abu kembali terjadi setelah kawah Gunung Bromo kembali menyemburkan abu vulkanik, Minggu (7/4/2019).

Laporan dari petugas Pos Pengamatan Gunungapi Bromo PVMBG, material vulkanik bertekanan lemah hingga sedang berwarna coklat menyembur dari dalam kawah dengan ketinggian 700 meter di atas puncak kawah. Material vulkanik tebal ini terdiri dari asap dan abu.

“Hujan abu disekitar PPGA Bromo, intensitas tipis hingga sedang,” terang petugas PPGA Bromo, Hadi Purwoko dalam laporannya di magma.vsi.esdm.go.id/.

Sementara, material vulkanik mengarah ke arah utara, barat daya, barat, dan barat laut. Dengan kecepatan angin sedang hingga cepat, wilayah Desa Ngadisari, Kecamatan Sukapura hujan abu vulkanik.

Tak hanya itu, kawasan bukit Penanjakan di Desa Wonokitri, Kecamatan Tosari, Kabupaten Pasuruan serta hutan-hutan di sebelah barat Gunungapi Bromo, juga terpapar abu vulkanik dengan intesitas ringan hingga sedang.

“Wonokitri dan bukit penanjakan hari ini hujan abu, mudah-mudahan tak tambah tebal hujan abunya,” kata salah satu warga Desa Wonokitri, Sukrisno.

Peningkatan aktifitas bromo terjadi setekah sebelumnya sempat menurun, sejak pekan lalu. Sedsngkan status Bromo masih level II atau waspada dengan jarak aman sejauh satu kilometer, baik bagi warga sekitar maupun wisatawan. (*)

 

Penulis : Mohamad Rochim
Editor : Efendi Muhammad

Baca Juga  Diawali Percikan dari Mesin Dryer, Pabrik Kayu di Gending Terbakar

Baca Juga

Magma Gunung Semeru Kian Mendidih, Terjadi 10 Kali Gempa Letusan dalam 6 Jam

Lumajang,- Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, hari ini Rabu (8/5/24), mengalami empat kali erupsi dan …