Suasana gelaran lomba lukis dan mewarnai yang diselenggarakan oleh Sanggar Warung Lukis Anak Indah Sari. (Foto : Moh Ahsan Faradies).

Yukh, Gali Kreativitas Anak di Sanggar Warung Lukis Semampir

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Banyak hal yang bisa dilakukan untuk membentuk karakter anak menjadi kreatif. Salah satunya mengajak mereka aktif mengikuti kegiatan literasi yang ada sekolah ataupun dengan cara mewarnai massal.

Pemandangan inilah yang terlihat di Perumahan Semampir Indah, Kecamatan Semampir, Sabtu (30/3/2019) sore. Dengan Lomba Mewarnai tingkat KB-TK-SD yang digelar oleh Sanggar Warung Lukis Anak Indah Sari, kreatifitas anak terasah.

Tidak hanya lomba melukis dan mewarnai, para peserta juga diperkenalkan dengan hewan musang yang dibawa oleh Komunitas Musang Sahabat Kraksaan (Muskar). Tujuannya, mendidik mereka untuk  menyayangi hewan.

Inisiator Lomba, Indah Sari mengatakan, lomba yang diikuti oleh 60 anak ini memang sering diadakan olehnya. Selain melukis dan mewarnai, ada juga pembiasan melafalkan doa dan asmaul husna bagi para peserta.

“Awalnya cuma mengundang 40 anak saja. Tapi ketika acara tiba, peserta lomba melebihi target kuota kami. Sering diadakan, bisa satu bulan satu kali. Tidak hanya melukis, menyanyi dan baca do’a seperti asma’ul husna juga ada,” kata Indah seusai acara.

Indah Sari saat mendampingi peserta lomba yang meraih tropi penghargaan. (Foto : Moh Ahsan Faradies).

Selain itu, lanjut Indah, gelaran lomba tersebut, bertujuan untuk membangun karakter anak dan penguatan mental kepada mereka sejak dini. Dengan begitu, sikap keingintahuan dan keberanian tertanam sejak masa anak-anak.

“Mumpung diusianya yang masih labil, kami berikan pendidikan yang nantinya bisa memberikan efek positif. Kalau tidak sekarang, kapan lagi,” tutur dia.

Sementara para peserta lomba, tambahnya, seluruh peserta yang mengikuti perlombaan mendapatkan hadiah semua. Hal ini agar mereka tetap mempunyai semangat untuk menekuni lukis atau mewarnai.

“Semuanya mendapatkan tropi. Kalau tidak, kami khawatir mereka frustasi dan berhenti untuk belajar melukis dan mewarnai. Juga untuk memotivasi mereka agar kedepan bisa lebih bersemangat lagi,” ujar perempuan pecinta seni ini. (*)

Baca Juga  Penyegelan Kelas, Keluarga Pastikan Tidak Ada Unsur Politik

 

 

Penulis : Moh Ahsan Faradies

Editor : Efendi Muhammad

Baca Juga

Libur Panjang Kenaikan Isa Al Masih, 30 Ribu Tiket KA Daop 9 Jember ‘Sold Out’

Probolinggo,- Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 9 Jember menyiapkan 37.060 tempat duduk pada libur Kenaikan …