Pantai Selatan Jatim Rawan Tsunami, Bagaimana Probolinggo?

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Provinsi Jawa Timur menjadi salah satu daerah yang rawan bencana alam termasuk tsunami. Kawasan rawan bencana tsunami terdeteksi di sepanjang pantai selatan. Meski demikian, wilayah pantai utara (pantura) seperti Tuban, Lamongan, Gresik, Sumenep dan Situbondo, juga dikategorikan daerah rawan tsunami.

Data yang diterima PANTURA7.com, beberapa daerah di pantai selatan Jawa Timur yang merupakan kawasan rawan tsunami diantaranya Pacitan, Trenggalek, Tulungagung, Blitar, Malang, Lumajang, Jember dan Banyuwangi.

Menurut Kepala BPBD Kota Probolinggo Prijo Djatmiko, pihaknya sudah mendapatkan intruksi dari pemerintah pusat agar senantiasa waspda dan melakukan deteksi dini tsunami melalui alat deteksi tsunami, early warning system (EWS).

“Berdasar peta, di wilayah selatan rawan tsunami karena ada ring of fire (cincin api). Jadi di sirkum pasifik dan belahan lautan hindia itu lewat di jalur selatan. Makanya kawasan pantai selatan rawan gempa dan tsunami,” kata Prijo,Jumat (28/12/2018).

Lalu bagaimana di Kota Probolinggo, Prijo menyebut bahwa wilayah pantai utara, termasuk pantai utara Probolinggo, tidak begitu besar potensi. Namun ia mengatakan potensi bencana alam itu tetap ada, diantaranya banjir dan puting beliung.

“Pantai utara khususnya Kota Probolinggo tidak berada diatas lempengan patahan bumi dan jauh dari gunung berapi, mamun kami tetap waspada. Beberapa daerah yang rawan tsunami diantaranya Tuban, Lamongan, Gresik , Sumenep dan Situbondo. Kita mewaspada potensi itu,” tambah Prijo.

Pihaknya pun selalu memantau informasi dari BMKG dan BPBD Provinsi Jatim. Pasalnya ia menanti informasi kajian dari BMKG termasuk jika diperlukan pemasangan eraly warning sistem (EWS) atau alat deteksi tsunami.

“Termasuk alat deteksi tsunami jika memang diperlukan akan kami pasang, tapi menunggu informasi dan arahan dari BMKG. Karena sejauh ini Kota Probolinggo masih belum berstatus rawan tsunami,” tutup dia. (*)

Baca Juga  Musim Hujan, Pengusaha Ikan Asin Kalangkabut

 

 

 

Penulis : Rahmad Soleh

Editor  : Efendi Muhammad

Baca Juga

Tunaikan Ibadah Haji, 24 ASN Kota Probolinggo Ajukan Cuti

Probolinggo,- Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kota Probolinggo tahun ini memberangkatkan 201 calon jemaah haji (CJH). …