PMII Inzah Galang Dana Kemanusiaan Untuk Tiris

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Banjir bandang dan tanah longsor yang menyapu Kecamatan Tiris, Kabupaten Probolinggo, menyisakan pilu bagi warga terdampak. Pengurus Komisariat (PK) Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Institut Ilmu ke-Islaman Zainul Hasan (Inzah) Genggong pun, turun ke jalan menggalang dana kemanusiaan.

Aksi peduli Tiris dengan mengumpulkan koin di jalanan ini, dilakukan aktifis PMII pada Kamis (13/12/2018 sejak pukul 11.00 hingga 16.00 WIB. Lokasi yang dipilih adalah traffick light yang berada di simpang 4 Kelurahan Kraksaan Wetan, Kota Kraksaan.

Koordinator aksi, Abdul Qohar (20) mengatakan bahwa mereka merasa perlu menggalang dana kemanusiaan setelah mengetahui Bupati Probolinggo, P Tantriana Sari naik pitam, begitu mengetahui bantuan bagi warga terdampak banjir dan tanah longsor berjalan lamban.

“Kami baca berita di PANTURA7.com soal Bupati yang marah saat berkunjung ke lokasi. Ternyata penyebab marahnya Bupati, lantaran bawahannya lamban memberikan penanganan terhadap korban bencana alam,” kata Qohar.

Dari berita tersebut, menurut Qohar, ia lalu berkoordinasi dengan aktifis lain untuk berpartisipasi membantu warga terdampak bencana. “Yang jauh saja seperti Palu dan Lombok kami bisa bantu, apalagi ini masih di wilayah sendiri,” ujarnya menegaskan.

Berapapun hasil dari galang dana, jelas Qohar, akan didonasikan langsung kepada korban terdampak. “Insyaallah kami besok ke lokasi menyerahkan bantuan. Semoga bisa meringankan beban korban, meskipun jumlahnya tidak seberapa,” tandas dia.

Diketahui, musibah banjir bandang dan tanah longsor menerjang 4 desa di Kecamatan Tiris, Senin (10/12/2018) malam lalu. Banjir ini menyebabkan 63 rumah dan bangunan rusak, 7 jembatan putus, jalan desa tertimbun longsor dan 2 orang meninggal dunia. (*)

 

 

Penulis : Moh Ahsan Faradies

Editor : Efendi Muhammad

Baca Juga  Bikin Onar, Wanita ODGJ Dipindah Paksa

Baca Juga

Selisih Dua Hari, Jemaah Aboge Probolinggo Rayakan Idul Fitri Jumat

Probolinggo,- Berbeda dengan pemerintah dan Muhammadiyah yang telah ber-Idul Fitri 1445 Hijriyah pada Rabu (10/4/24) …