Ada Investigasi KNKT, 7 Korban KM Multi Prima 1 Batal Pulang

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Tujuh korban selamat Kapal Motor (KM) Multi Prima 1, masih tinggal di penampungan sementara di Stasiun Radio Pantai, Mayangan, Kota Probolinggo. Sementara jadwal pemulangan ditunda karena ada akan investigasi dari Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT).

Kapolres Probolinggo Kota, AKBP Alfian Nurrizal menyampaikan, 7 korban selamat yang tinggal di penampungan masing-masing Bob Chris Butar-butar (26) asal Medan, Rahmattuloh (27) asal Lamongan, lalu Debiyallah Sastria (27) warga Flores dan Zainal Arifin (21) warga Flores.

Berikutnya adalah Benyamin Henuk (34) asal Flores, Aldy Hidayat (18) warga Makasar serta Haji Jamaludin ( 20) asal Makassar. Selain mendapatkan pemeriksaan medis secara berkala, mereka juga menjalani terapi trauma healing.

“Ketujuh korban ini sebenarnya sudah bisa dipulangkan ke daerah asal usulnya hari ini, tetapi karena akan ada investigasi dari KNKT besok (Selasa, red) maka kepulangannya ditunda,” jelas Kapolres Probolinggo Kota, Alfian Nuriizal, Senin (26/11/2018).

Kedatangan KNKT, kata Alfian, selain untuk mengorek kronologis laka laut itu, juga untuk mencari tahu penyebab karamnya KM Multi Prima 1. “Yang jelas, saksi langsung yang bisa dimintai keterangan yan tujuh orang ini, kapal dan tujuh penumpang lain kan belum ketemu,” jelas dia.

Secara umum, menurut Alfian, kondisi kesehatan para korban sudah stabil, baik fisik maupun kondisi kejiwaan. “Untuk biaya proses pemulangan, nantinya akan kami tanggung. Namun tentunya setelah investigasi dari KNKT selesai,” perwira asal Sumenep Madura ini menegaskan.

Diketahui, KM Multi Prima 1 yang berlayar dari Surabaya menuju Maluku tenggelam di Selat Alas, yakni perbatasan Pulau Sumbawa dan Flores, pada Kamis (22/11/2018) malam. Sebanyak 7 dari 14 penumpang selamat setelah dievakuasi oleh KM Cahaya Abadi 201 yang berlayar menuju Probolinggo. Sedangkan 7 korban lain, hingga saat ini belum diketahui nasibnya. (*)

Baca Juga  Memprihatinkan, Begini Nasib Korban Ledakan SPBU di Pasuruan

 

 

Penulis : Mohamad Rochim

Editor : Efendi Muhammad

Baca Juga

Januari-Mei, 8 Kecelakaan Terjadi di Perlintasan Sebidang Wilayah Daop 9 Jember

Probolinggo,- PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 9 Jember mencatat, sejak Januari hingga Mei 2024 …