Harga Ikan Anjlok, Nelayan Jeblok

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Sejak dua pekan terakhir, harga ikan di sejumlah pasar tradisional di wilayah Kabupaten Probolinggo anjlok. Hal ini, membuat pra pedagang heran karena masa tera’an atau masa paceklik sudah berakhir seiring tibanya musim penghujan.

Salah satu pedagang ikan di Pasar Semampir, Kecamatan Kraksaan, Siti Maryam (40) mengaku heran dengan rendahnya harga ikan selama dua minggu terakhir ini. Tidak hanya di Pasar Semampir, harga ikan juga anjlok di pasar lain, seperti di Pasar Paiton dan Pasar Pajarakan.

“Turunnya harga ikan saat ini tidak seperti biasanya. Biasanya kalau sudah selesai kemarau, harga ikan di pasaran agak meningkat, meskipun tidak terlalu tinggi,” ungkap Maryam, Jum’at (23/11/2018).

Selain faktor cuaca, anjloknya harga ikan juga dipicu oleh banyak ikan dari luar daerah dengan harga murah. Akibatnya, harga ikan pedagang ikan lokal semakin tak bisa bersaing. “Sedangkan saat ini pembeli ikan sedikit, cepat busuk kalau gak laku,” tutur dia.

Ia menambahkan, jenis ikan yang harganya turun diantaranya adalah ikan tongkol yang awalnya seharga Rp 23 ribu perkilo, kini turun menjadi Rp. 10 ribu perkiloram. Lalu ikan Layang, yang awalnya Rp 15 ribu, kini hanya seharga Rp 6 ribu.

“Hanya ikan Bulus, yang harganya cukup tinggi, yaitu Rp. 18 ribu perkilogramnya. Sedangkan ikan ikan yang lain, harganya sudah turun semua,” ucap dia.

Sementara itu, Ahmad Toriq (30) nelayan asal Desa Kalibuntu, Kecamatan Kraksaan, mengatakan bahwa rendahnya harga ikan, mencekik para nelayan. Toriq mengaku harga ikan saat ini sangat merugikan pihak nelayan.

“Penghasilan nelayan juga kecil karena harga jual rendah, sehingga lebih banyak biaya daripada uang yang kami dapat. Biasanya setiap melaut, itu kami hitung biaya, baik bahan bakar dan biaya lain. Kalau begini kan rugi nelayan,” tandas Toriq. (*)

Baca Juga  Traffic Light Kraksaan ‘Error’, Warga Harus Waspada

 

 

Penulis : Moh Ahsan Faradies

Editor : Efendi Muhammad

Baca Juga

Susul Bawang Merah, Harga Cabai Rawit dan Cabai Besar Juga Naik

Probolinggo,- Selain bawang merah yang harganya naik, dua komoditas dapur cabai rawit dan cabai besar …