Kaderisasi, GMNI Probolinggo Ajak Perangi Radikalisme

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Maraknya ujaran kebencian dan radikalisme, membuat Dewan Pimpinan Cabang Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) Probolinggo menggelar Kaderisasi Tingkat Dasar (KTD) di Kecamatan Lumbang, Kabupaten Probolinggo. Dengan kaderisasi ini kader-kader diharapkan menjadi agen penangkal radikalisme di kampus-kampus.

KTD yang berlangsung tiga hari, Jumat-Minggu (16-18/11/2018) ini bertujuan memperkuat kaum nasionalis di tengah kompleksnya persoalan radikalisme. Digelar di Bumi Perkemahan Lumbang, belasan “Soekarno muda” itu digembleng dengan ideologi utama Marhaenisme.

Ketua Panitia KTD GMNI Probolinggo, Riska Dayana Ade Hermansyah mengatakan, kaderisasi ini wujud pengejawantahan seorang kader Pejuang Pemikir – Pemikir Pejuang.

“Kaderisasi ini adalah salah satu langkah konkret kita selaku kader Pejuang Pemikir – Pemikir Pejuang merupakan anak ideologis Bung Karno. Marhaenisme ialah salah satu tugas kita ke depan. Tantangan kita ke depan salah satunya menangkal radikalisme dan membumikan dan memenangkan Pancasila ,” tegas Riska Minggu (18/11/2018).

Dengan tema ” Mencetak Kader yang Berintelektual dan Analistis untuk Memperkokoh Idelaisme Organisasi” ini, belasan peserta didominasi perwakilan Kampus Universitas Panca Marga (UPM) Probolinggo.

Hal senada disampaikan Ketua DPC GMNI Probolinggo M. Romli Hasani. Dikatakan organisasi ekstra kampus dalam hal GMNI yang merupakan bagian dari OKP, dirasa perlu memperkuat diri. Hal ini sebagai wujud implementasi dari Permenristekdikti Nomor 55 Tahun 2018.

“Peraturan tersebut memberikan peluang bagi OKP masuk kampus. Hal ini disebabkan maraknya radikalisme masuk kampus karena dinilai gerak OKP yang terbatas. Sehingga melalui penguatan kaderisasi inilah nanti bisa siap action di kampus-kampus,” kata Romli. (*)

 

 

Penulis: Rahmad Soleh

Editor: Ikhsan Mahmudi

Baca Juga  HP Dirampas, Honorer Dinkes Kejar Pelaku Hingga Tertangkap

Baca Juga

Arus Balik, Penumpang KA di Stasiun Bangil Melonjak 40 Persen

Pasuruan,- H+4 Lebaran, Stasiun Bangil di Kabupaten Pasuruan dipadati penumpang yang melakukan perjalanan mudik balik. …