Perangi Hoax, Mahasiswa UPM Gelar Pelatihan Jurnalistik

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Maraknya informasi hoax dan ujaran kebencian dewasa ini, membuat Komunitas Film, Fotografer dan Jurnalis kampus Universitas Panca Marga (UPM) Probolinggo menggelar pelatihan jurnalistik dasar. Antusiasme terlihat dalam pelatihan yang mengambil tema ‘Pikat Dunia Dengan Tulisan’ ini.

Imam Wahyudi, tutor dalam pelatihan menyampaikan, dalam melaporkan peristiwa seorang jurnalis harus memperhatikan cover both side, yakni keberimbangan. Jurnalis tidak boleh memihak dan tanggap dalam situasi apa pun.

“Adapun dasar produk jurnalistik itu meliputi 5W 1H (what, who, where, when, why, how). Tanpa unsur ini, hasil liputan belum bisa dikatakan sebagai produk jurnalistik,” kata Yudi, Minggu (7/10/2018).

Pemimpin Redaksi TV swasta lokal ini juga menyebut bahwa profesi jurnalis bagaikan tempat penitipan. “Titipan mata, mulut dan telinga publik. Ini merupakan tanggung jawab yang tidak mudah. Attitude yang baik sangat penting dimiliki jurnalis,” paparnya.

Salah satu peserta Riska Dayana mengaku senang mendapatkan ilmu jurnalistik, yang tidak banyak diajakan di ruang kelas. Meski awalnya agak tegang, namun rasa canggung itu perlahan hilang oleh rasa keingintahuan akan dunia para pewarta itu.

“Disini dapat banyak ilmu mengenai jurnalistik, mulai dari tulisan dalam bentuk hard news, soft news, features, investigative news, dan lain sebagainya. Yang paling asyik, diskusinya aktif, kita bisa banyak tanya,” ujar mahasiswi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik ini.

Pembina Komunitas Film, Fotografer dan Jurnalis kampus, Eko Yudianto Yunus menjelaskan bahwa pelatihan tidaksemata-mata hanya kegiatan internal, melainkan mencakup eksternal. Tujuannya, selain asah skill juga agar mahasiswa memahami antara produk jurnalistik dengan informasi hoax.

“Kegiatan ini orientasinya mengarah ke profesionalisme sebagai jurnalis, fotografer dan film. Tentunya ini dalam rangka menyiapkan SDM menjelang revolusi industri,” tandas Eko yang juga dosen di kampus swasta tersebut. (*)

Baca Juga  Bangun Karakter Islami, Ziarah Kubur

 

 

Penulis : Rahmad Sholeh

Editor : Efendi Muhamad

Baca Juga

Kreatif! SMA Zainul Hasan Genggong 1 Kampanyekan ‘Stop Bullying’ lewat Lomba Mading 3D

Pajarakan,- Bullying masih menjadi permasalahan yang serius bagi anak Indonesia. Bullying adalah tindakan penindasan yang …