Gerakan Rp 2 Ribu Untuk Palu dan Donggala

JEMBER-PANTURA7.com, Gerakan kemanusiaan atas gempa bumi dan tsunami yang meluluhlantakkan Palu serta Donggala di Provinsi Sulawesi Tengah pekan lalu, terus mengalir dari berbagai daerah. Para aktivis Tanaszaha (Ikatan Alumni dan Santri Pesantren Zainul Hasan) Jember pun tak ketinggalan, dengan melakukan penggalangan dana.

Aksi sosial yang dinamakan ‘Gerakan 2000 Rupiah For Tsunami In Palu’ itu dilakukan selama 6 hari berturur-turut, sejak Sabtu hingga Kamis (4/10/2018) besok. Mereka mengumpulkan koin demi koin dari warga dan pengguna jalan di berbagai sudut Kota Jember.

Menjelang Maghrib, sedikitnya 80 aktivis Tanaszaha Jember menyebar ke sejumlah titik untuk mengumpulkan dana kemanusiaan. Dalam aksinya, mereka mengenakan almamater sesuai perguruan tinggi yang ditempuhnya saat ini, serta masing-masing bendera berlambang Pesantren Zainul Hasan Genggong, yang terletak di Probolinggo.

“Penggalangan dana bantuan ini tidak hanya berpusat di setiap perempatan traffic light Kota Jember saja, beberapa alumni juga blusukan ke kampus-kampus. Kami tidak membatasi donasi sumbangan, yang penting ikhlas,” kata Ketua Tanaszaha Komisariat IAIN Jember, Moh. Irfan Affandi.

Aktivis Tanaszaha Jember saat menggalang dana bantuan bagi korban gempa dan tsunami di Palu dan doanggala. (ist)

Untuk saat ini, pihaknya menurut Irfan, masih fokus pada penggalangan dana saja. Meski demikian, kedepan ia membuka opsi untuk mengumpulkan bantuan dalam bentuk barang dan bahan makanan bagi korban gempa bencana tersebut.

“Jika donasi yang terkumpul dianggap cukup banyak, kami akan segera mengirimkannya kepada para korban di Sulawesi Tengah. Selanjutnya kami akan coba melakukan donasi pakaian dan sebagainya,” tandas dia.

Diketahui, gempa bumi beserta tsunami mengguncang Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah, Jum’at (28/9/2018) lalu. Berdasarkan rilis dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), bencana itu telah menewaskan 1.234 orang dan sebanyak 799 orang mengalami luka berat. (*)

Baca Juga  Akhirnya, Warga Desa Sindet Anyar Dapatkan Air Bersih

 

 

Penulis : Moh Afif Amrullah

Editor : Efendi Muhammad

Baca Juga

Top! Wakili Indonesia, 3 Santri MA Zainul Hasan Genggong Raih Merit Award di Thailand

Probolinggo,- Prestasi membanggakan ditorehkan tiga santri Madrasah Aliyah (MA) Zainul Hasan 1 Genggong Pajarakan Probolinggo …