Kerapan Kambing Warnai Budaya Pandalungan Kota Probolinggo

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Lomba kerapan kambing kembali digelar di Kota Probolinggo. Even yang diikuti oleh 112 peserta ini, merupakan tradisi yang mewarnai Kota Probolinggo sebagai kota budaya pandalungan.

Digelar di lapangan Jalan Progo Kelurahan Jrebeng Kulon Kecamatan Kedopok Sabtu (25/8/2018) , puluhan penonton tumpah ruah. Tak hanya dari Kota Probolinggo, mereka hadir dari Kabupaten Probolinggo dan Lumajang.

Antusias masyarakat menyaksikan dua ekor kambing didandani, penuh dengan pernak- pernik khas masyarakat pandalungan yang kental dengan budaya Madura dan Jawa. Setiap pasang kambing berlomba melewati jalur lintasan sepanjang 175 meter dan lebar 35 meter.

Salah satu peserta asal Lumajang, Hari mengaku, jauh-jauh datang hanya untuk mengikuti lomba kerapan kambing. Ia sudah mempersiapkan kambingnya dengan jamu racikan.

“Saya sering mengikuti lomba ini bahkan sering juara sampai 20 kali tingkat kabupaten dan kota. Setiap seminggu sekali kambing saya latih biar juara,” kata Hadi.

Sementara itu, Khairul Mustafa Ketua Panitia Kerapan Kambing mengatakan, even ini sudah 10 kali digelar sejak Semipro pertama digelar. Selama dua hari yakni hari ini dan besok kerapan kambing digelar.

“Total peserta 112 dibagi 2 kelas profesional dan pemula dengan total hadiah Rp 31 juta. Pesertanya tak hanya dari Probolinggo tapi juga Lumajang,” ujar Khairul.

Sementara itu, Kepala Dinas Budaya dan Pariwisata Tutang Heru Wibowo mengatakan, even kerapan kambing ini merupakan ajang kreativitas peternak kambing. Tak hanya hadiah yang dikejar, tapi meningkatkan kualitas dan komoditas kambing.

“Harapannya menjadi even yang digemari masyarakat tak hanya di Probolinggo namun dikenal di luar Probolinggo. Dan tentunya meningkatkan ekonomi lokal setempat,” tutupnya.

Selain sebagai tradisi budaya pandalungan, even kerapan kambing ini juga dalam rangka Semipro 2018 serta Hari Jadi Kota Probolinggo ke-659. (Adv)

Baca Juga  Pandemi, Upacara Kemerdekaan RI Tetap Khidmat

 

Penulis: Rahmad Soleh

Editor: Ikhsan Mahmudi

Baca Juga

Tambah 54 PJU Baru, Dishub Kota Probolinggo Alokasikan Anggaran Rp860 Juta

Probolinggo,- Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Probolinggo akan menambah puluhan Penerangan Jalan Umum (PJU) di sejumlah …