Tembakau Bagus, Petani Optimis Harga Tinggi

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Sejumlah petani tembakau di Desa Krejengan, Kecamatan Krejengan, Kabupaten Probolinggo, antusias menggeluti musim tanam tahun ini. Selain cuaca yang mendukung, juga karena minimnya hama yang mengganggu tanaman.

Salah satunya petani, Kusnadi (55) mengatakan bahwa dengan kualitas tembaka saat ini, ia optimis harga jual tembakau tahun ini akan tinggi. Pemilik lahan tanaman tembakau seluas 400 meter ini juga yakin jumlah panen akan melimpah.

“Meskipun ada beberapa daun tembakau rusak akibat terserang hama, namun hal itu tidak menjadikan kendala bagi para petani disini, karena lebih banyak yang bagus,” jelas Kusnadi kepada PANTURA7.com, Kamis (2/8/2018).

Hal senada juga disampaikan oleh Jatem (59) petani lain di Desa Krejengan. Ia mengaku bahwa saat ini banyak petani riang karena tanaman tak terganggu hama ataupun cauaca buruk. Dengan begitu, kualitas dan kuantias tembakau akan lebih baik dibanding tahun sebelumnya.

“Kalau tembakau para petani disini hanya beberapa saja yang rusak, tapi meskipun ada kerusakan saya yakin tidak akan berpengaruh terhadap harga tembakau secara umum. Saat ini saja, petani yang panen awal harganya sekitar Rp. 45 ribu per kilogramnya,” jelas Jatem.

Para petani tembakau, menurut Jatem, akan memasuki puncak masa panen pada akhir Agustus 2018. Selama cuaca tetap bagus, maka hasil panen akan terserap maksimal oleh gudang. “Kalau begini terus, kami bisa menjaga kualitas dan jumlah panen,” jelas bapak dengan dua anak ini. (*)

 

 

 

Penulis : Moh Ahsan Faradies

Editor : Efendi Muhamad

Baca Juga  Ribuan Ulat Jati 'Teror' Warga Sumberkare

Baca Juga

Arus Balik, Penumpang KA di Stasiun Bangil Melonjak 40 Persen

Pasuruan,- H+4 Lebaran, Stasiun Bangil di Kabupaten Pasuruan dipadati penumpang yang melakukan perjalanan mudik balik. …