Sekda Cuti Haji, Kadisnaker Naik Pangkat

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Jabatan Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Probolinggo berganti. Soeparwiyono yang sebelumnya menjabat Sekda, digantikan oleh Sigit Sumarsono, Kepala Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnaker) kabupaten setempat. Peralihan jabatan terjadi karena Soeparwiyono mengajukan cuti untuk menunaikan ibadah haji.

Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian (Diskominfo) Kabupaten Probolinggo, Tutug Edi Utomo menjelaskan bahwa sejak Rabu (25/7/2018) tugas-tugas Sekda resmi diemban oleh Sigit. Bersamaan dengan itu, Soeparwiyono berangkat haji ke Arab Saudi.

“Benar, posisi Sekda diisi oleh Kadisnaker sampai Sekda datang dari tanah suci. Ini sesuai dengan surat perintah yang diteken oleh Penjabat Bupati Probolinggo”, kata Tutug saat ditemui di wisata religi Miniatur Ka’bah, Desa Curahsawo, Kecamatan Gending.

Peralihan tugas-tugas Sekda dari Soeparwiyono ke Sigit Sumarsono menurut Tutug, hanya bersifat sementara. Soerparwiyono kembali akan menjalankan tugas sebagai Sekda jika sudah kembali dari tanah suci Mekkah.

“Sesuai dengan surat tugas, Pak Sigit akan menjalankan fungsinya sebagai Plh (Pelaksana harian, Red) Sekda selama 50 hari ke depan,” tandas mantan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Probolinggo ini.

Sementara Plh Sekda Sigit Sumarsono menjamin rangkap jabatan yang ia jalani tidak akan memperangaruhi kinerja aparatur negara di lingkungan Pemkab Probolinggo. Ia berencana menggelar rapat koordinasi dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) secepatnya.

“Kami akan segera berkoordinasi dengan OPD, terutama membahas tugas-tugas harian Sekda. Untuk kebijakan strategis tetap menunggu pak Sekda selesai menunaikan ibadah haji,” papar Sigit.

Diketahui, Soeparwiyono dilantik menjadi Sekda oleh Bupati Probolinggo, P. Tantriana Sari, Rabu (16/8/2017) lalu. Belum setahun, Soepawiyono harus menanggalkan jabatannya karena ia cuti haji. Bagi Soeparwiyono, ibadah haji tahun ini menjadi yang kedua setelah sebelumnya dilakukan pada 2013 silam. (*)

Baca Juga  Bus Sepi Peminat, Terminal Bayuangga Sepi Meski Libur Panjang

 

 

 

Penulis : Rahmad Soleh

Editor : Efendi Muhammad

Baca Juga

Mimpi itu Kini Nyata! Penjual Sandal Keliling di Pasuruan Akhirnya Berangkat Haji

Pasuruan,- Bagi Yahya (48), warga Kelurahan Karangketug, Kecamatan Gadingrejo, Kota Pasuruan, tahun 2024 ini menjadi …