Mantapkan Berangkat Haji Usai Mimpi Bertemu Kiai Hasan Genggong

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Dibalik kegigihan dan tekad bulat yang dimiliki Ju’an (76), ternyata terdapat hal lain yang menginspirasi buruh tani asal Blok Madinah, Dusun Darungan, RT 003, RW 003, Desa Opo-Opo, Kecamatan Krejengan, Kabupaten Probolinggo itu untuk menunaikan haji.

Ditemui di rumahnya, Selasa (24/7/2018), Ju’an mengaku bertemu dengan Al-Arif-billah Almarhum KH. Mohammad Hasan Bin Syamsudin Bin Qoiduddin, pendiri Pesantren Zainul Hasan (PZH) Genggong, melalui sebuah mimpi. Lewat mimpi itulah ia mendapatkam isyarah atau petunjuk.

“Saya bermimpi berusaha menaiki roda delman yang sangat besar, setelah berhasil mencapai puncak saya terbangun,” kata Ju’an kepada PANTURA7.com.

Setalah mendapatkan isyarah lewat mimpi tersebut, pria 8 anak ini menambahkan, bahwa ia langsung melaksanakan sholat istikharah selama 40 hari berturut-turut.

“Alhamdulillah, setelah selesai sholat istikhoroh, saya bermimpi didatangi Kiai Hasan sepuh, dalam mimpi itu beliau meminta untuk saya gendong,” ujarnya menceritakan mimpinya.

Ju’an memaknai bahwa mimpi itu sebagai petunjuk agar ia semakin membulatkan tekad untuk naik haji, meski hidup penuh kesederhanaan. Sebelum mimpi itu, jelas Ju’an, masih gamang antara berangkat haji atau tidak.

“Saya ini bukan alumni pesantren Genggong, tetapi saya sangat mengagumi sosok Kiai Hasan Sepuh, sang waliyullah. Mimpi bertemu dengan beliau membuat saya bertekad naik haji meski harus susah payah mengumpulkan uang selama 9 tahun,” ujar suami dari Mustimah ini.

Diketahui, Ju’an berangkat haji setelah menabung selama 9 tahun, hasil dari jerih payahnya sebagai buruh tani yang bertugas mengairi sawah. Ia akan berangkat ke tanah suci, Rabu (25/7/2018) sekitar pukul 05.00 WIB. Ju’an tergabung dalam kelompok terbang (kloter) 28 bersama 821 Calon Jemaah Calon Haji (CJH) lain di Kabupaten Probolinggo. (*)

Baca Juga  Santriwati Genggong Juarai Olimpiade Nahwu-Sorof Nasional

 

 

 

Penulis : Moh Ahsan Faradies

Editor : Efendi Muhammad

Baca Juga

Angkutan Lebaran 2024, Terminal Bayuangga Berangkatkan 89 Ribu Penumpang

Probolinggo,- Selama angkutan lebaran H-7 hingga H+4, Terminal Bayuangga Kota Probolinggo telah memberangkatkan 89 ribu …