Eksotika Bromo, Ajang Promo Endless Probolinggo Yang Menjadi Berkah UKM

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Peringatan Yadnya Kasada tahun 2018 oleh warga suku Tengger, di Lereng Gunung Bromo Sukapura Kabupaten Probolinggo, nampak berbeda dibanding tahun-tahun sebelumnya.

Perayaan Yadnya Kasada yang diramaikan even Eksotika Bromo, menarik ribuan wisatawan baik dari lokal maupun mancanegara. Tingginya animo wisatawan itu, sontak mengundang perhatian para pedagang kaki lima maupun UKM setempat, berjualan di areal wisata gunung Bromo.

Atas hal itu, Pj Bupati Probolinggo Tjahjo Widodo mengaku senang dan bersyukur karena perekonomian warga turut terdongkrak. Tjahjo juga bangga dengan kekayaan seni dan budaya Suku Tengger.

“Kasada menyedot perhatian wisatawan, dan membuat mereka berlama-lama di Bromo. Di pra-event Kasada ini wisatawan juga disuguhkan berbagai gelaran kesenian,” ujar Tjahjo, Jumat (29/6/2018).

Diketahui, Bromo merupakan salah satu dari 10 destinasi prioritas yang ditetapkan Kementerian Pariwisata (Kemenpar). Tjahjo menjelaskan, selama dua hari panitia menampilkan aneka seni tradisional masyarakat Tengger, di antaranya Sendratari Kidung Tengger, Puisi, Kidung Tengger, Jaranan Wahyu Tunas Budaya dan lain-lain.

Perayaan Yadnya Kasada, merupakan suatu upacara adat suku Tengger yang dilakukan setiap tahun sekali (penanggalan agama Hindu Tengger). Perayaan tersebut, digelar ketika sudah memasuki bulan Kasada dan yaitu pada hari ke 14.

Perayaan Yadnya Kasada, diisi dengan ritual pemberian sesajen untuk sesembahan yaitu para leluhur suku Tengger ( Dewi Roro Anteng dan Joko Seger) dan Sang Hyang Widhi. Tempat upacara adat suku Tengger ini biasanya digelar di Pura Luhur Poten atau tepat di lautan pasir Gunung Bromo. (*)

 

 

Penulis : Rahmad Soleh

Editor : Achmad Zulkifli

Baca Juga  Sepakat Calon Tunggal, Ulama Jatim Desak PDI-P Segera Rekomendasi Gus Ipul

Baca Juga

Ada Dugaan Penambangan Ilegal, DLH Kab. Pasuruan Datangi Kawasan Pacuan Kuda Kejayan

Pasuruan,- Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Pasuruan bersama Satpol PP setempat melakukan pemeriksaan dugaan penambangan …