Brimob Malang Didatangkan Untuk Pilwali Probolinggo

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Pilkada di Kota Probolinggo tahun 2018 ini mendapat perhatian lebih dari aparat kepolisian. Hal ini tak lepas dari label ‘zona merah’ yang disematkan ke Kota Probolinggo, sehingga Polri menurunkan puluhan anggota Brimob Malang, untuk mengamankan situasi.

Kapolresta Probolinggo, AKBP Alfian Nurrizal menyebut, terdapat 75 personel Brimob dari Malang yang melakukan Bantuan Kendali Operasi (BKO) untuk Pilwali Kota Probolinggo. Jumlah itu, kata Kapolresta, bisa bertambah bergantung kebutuhan di lapangan.

“Mereka datang mengendarai satu bus umum dan 2 kendaraan truk Dinas Kepolisian. Pasukan khusus kami ini juga dilengkapi kendaraan Barrier, Baracuda dan Water Canon serta 6 unit Motir Trail,” papar Alfian, Senin (25/6/2018).

Menurut Alfian, pasukan Brimob mempunyai tugas utama mengamankan lokasi kejadian, yang peristiwanya tidak bisa dikendalikan. Pengamanan terutama di sejumlah titik-titik strategis meliputi kantor KPU, kantor Panwaslih, Posko tim pemenangan dan sejumlah fasilitas umum.

Terkait kedatangan Brimob, imbuh Alfian, hal ini tak lepas dari status zona merah untuk Pilwali Probolinggo. Selain menyuguhkan banyak paslon, Pilwali Kota Probolinggo pernah diwarnai kericuhan. “Tentunya kami siap untuk mengantisipasi segala potensi gangguan kemananan,” tandas Alfian.

Terkait masa tugas BKO Brimob di Kota Probolinggo, Alfian tak memastikan secara pasti. Hanya perwira asal Kabupaten Sumenep Pulau Madura ini menyebut bahwa penjagaan Brimob akan dilakukan hingga pelaksanaan Pilwali aman.

“Belajar dari Pilwali sebelumnya, ada potensi kerawanan yang berpotensi memicu konflik. Brimob siap memback-up itu, hingga situasi benar-benar terkendali,” tutup Alfian. (*)

 

Penulis : Rahmad Soleh
Editor : Efendi Muhammad

Baca Juga  Terjebak Delapan Hari, Hiu Paus Berhasil Dilepas

Baca Juga

H+5 Arus Balik, 55 Ribu Penumpang Berangkat dari Stasiun di Daop 9 Jember

Probolinggo,- Hingga H+5 atau lima hari arus balik, KAI Daop 9 Jember telah memberangkatkan total …