Kampanyekan Baca Buku, Komunitas Vespa Literasi Blusukan ke Kampus INZAH

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Teknologi informasi komunikasi yang kian canggih, membuat keberadaan buku terpinggirkan. Hampir seluruh lapisan masyarakat lebih memilih menggunakan gatgets dan produk teknologi modern lainnya untuk mengakses informasi pun menambah pengetahuan.

Tak heran jika tidak banyak lagi ditemui kelompok masyarakat yang gemar membaca buku, bahkan di lingkungan akademis sekalipun. Fenomena ini membuat komunitas Vespa Literasi prihatin, sebab jika daya baca terus berkurang, dikhawatirkan dapat mengikis budaya bangsa.

“Kami prihatin, masyarakat lebih memilih gatgets daripada buku. Oleh karena itu, kami kampanyekan gerakan baca buku melalui pustaka berjalan dari kampus ke kampus,” jelas anggota komunitas Vespa Literasi, Abdul Haq (21) saat menggelar buku di halaman kampus Institut Ilmu Agama Islam Zainul Hasan (INZAH) Genggong, Sabtu (31/3/2018).

Pustaka berjalan di kampus yang terletak di Kelurahan Semampir, Kecamatan Kraksaan ini, jelas Abdul Haq, akan berlangsung hingga Minggu besok. “Tetapi untuk blusukan dari kampus ke kampus, sudah kami lakukan sejak tiga bulan lalu,” jelas pemuda asal Desa Tanjung, Kecamatan Paiton ini.

Bak oase ditengah gurun, gelaran baca buku gratis ini langsung diserbu oleh sejumlah mahasiswa, disela-sela jam kosong. Sebab, meski mempunyai perpustakaan, namun mereka membutuhkan referensi bacaan baru yang tidak tersedia di dalam kampus.

“Tujuan kami bekerja dengan komunitas ini, untuk membuat mahasiswa aktif kembali membaca buku, dan juga karena perpustakaan yang ada tidak cukup menyiapkan buku yang dibutuhkan oleh mahasiswa. Sudah empat kali mereka kami undang kesini,” jelas Presiden Mahasiswa INZAH, Badrut Thuqo.

Terpisah, salah satu tenaga pendidik di kampus tersebut Zuhri Humaidi menilai, hadirnya puluhan buku berbagai kategori sangat positif untuk menumbuhkan kembali minat baca mahasiswa. “Saya apresiasi, bisa menumbuhkan kembali minat baca mahasiswa disini,” (*)

Baca Juga  Pemkot Probolinggo Bantu Modem Gratis untuk untuk 36 Pesantren

 

 

 

Penulis : Moh. Ahsan Faradies

Editor : Efendi Muhammad

Baca Juga

Kelayapan di Warkop, 27 Pelajar di Kota Pasuruan Digulung Satpol PP

Pasuruan,- Puluhan pelajar terjaring razia Satuan Polisi (Satpol PP) Kota Pasuruan, Senin (29/1/2024) pagi. Para …