Banjir Bandang Terjang Tiris, 4 Desa Tergenang

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Banjir bandang menerjang kawasan Kecamatan Tiris, Kabupaten Probolinggo. Banjir yang disertai material lumpur ini terjadi setelah hujan deras mengguyur kawasan tersebut, sejak Kamis (1/2/2018) siang hingga sore hari.

Akibatnya, sungai Lawang Kedaton yang membelah kawasan Tiris meluap, bahkan memasuki rumah-rumah penduduk. Lokasi terparah terjadi di Desa Andung Biru, dimana material banjir tidak hanya menggenangi pemukiman namun juga menggenangi ruas jalan.

“Debit air sungai memang sangat tinggi, kemudian meluap. Sepanjang aliran sungai itu, pemukiman penduduk terkena banjir, bahkan ada rumah-rumah dan kandang ternak yang hanyut terbawa arus,” kata Camat Tiris, Robby Siswanto Jum’at (2/2/2018).

Kondisi dapur warga terdampak di Tiris, pasca diterjang banjir bandang..

Dari pemetaan sementara, jelas Roby, terdapat 4 desa yang terdampak banjir, yakni Desa Andung Biru, Andung Sari, Ranuagung dan Tiris. Dari kawasan itu, dilaporkan 8 kandang sapi rusak, 2 kambing dan puluhan ayam hanyut. “Peralatan dapur juga banyak yang rusak,” imbuhnya.

Meski debit banjir kini mulai surut, namun pemantauan arus sungai Lawang Kedaton tetap dilakukan untuk antisipasi banjir susulan. Sejumlah anggota Polsek Tiris dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Probolinggo, disiagakan untuk mengamati debit sungai.

“Debit air sungai sudah turun, namun warga harus tetap waspada mengingat hujan tak dapat diprediksi. Kami memberikan imbauan pada warga agar berhati-hati dan selalu waspada,” papar Kapolsek Tiris AKP. Ida Bagus Gede melalui sambungan seluler. (em/arf).

Baca Juga  Duh.. Buruh Tani Malang Ini Tewas Tersambar Kereta Api

Baca Juga

Warga Pohjentrek Pasuruan Tewas Kesetrum saat Banjir

ByPasuruan,- Seorang warga di Desa Sukorejo, Kecamatan Pohjentrek, Kabupaten Pasuruan, ditemukan meninggal dunia akibat kesetrum …