Warga Peraih 11 Piala Adipura Mengeluh Soal Sampah

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Menyandang predikat sebagai kota peraih piala Adipura 11 kali berturut-turut, tak lantas membuat Kota Probolinggo konsisten menjaga kebersihan dan pengelolaan lingkungan. Buktinya, tumpukan sampah yang meluber ke jalan di sejumlah tempat pembuangan sementara (TPS) masih jamak ditemui.

Salah satunya terlihat di Jl. S Parman, Kelurahan Jati, Kecamatan Mayangan. Sejak sepekan terakhir, warga setempat dibuat resah karena tumpukan sampah tak terurus. Selain terbawa ke jalan saat hujan turun, tumpukan sampah ini menimbulkan bau tidak sedap, sehingga menyebabkan pencemaran udara di kawasan tersebut.

“Sudah seminggu numpuk mas, gak ada yang ngangkut. Padahal biasanya ada truk yang rutin mengambilnya. Bagi warga ini sangat menggangu, apalagi lokasinya ditengah pemukiman, dekat dengan sekolah dan tempat ibadah,” keluh Wiji (40), salah satu warga setempat, Sabtu (2/12/2017).

Tak hanya mengeluh, sejumlah warga menurut Wiji, sudah melaporkan tumpukan sampah yang berdekatan dengan rel perlintasan KA itu ke Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Pemkot Probolinggo. Hanya saja, kata Wiji, belum ada tindakan nyata, tumpukan sampah masih terlihat menggunung.

“Sudah kami laporkan ke DLH, tapi kok sampahnya justru tambah banyak. Apa ada kendala untuk mengurus sampah ini? Mohon segera ditindaklanjuti laporan kami,” ratapnya.

Sementara Kepala DLH Kota Probolinggo, Tutang Heru Aribowo, hingga berita ini ditulis belum bisa dimintai konfirmasi terkait polemik sampah ini. Beberapa kali ditelpon, nomornya justru bernada dialihkan.

Terakhir kali, piala Adipura diraih Kota Probolinggo pada Rabu, (2/8/2017) lalu. Saat itu, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, Siti Nurbaya Bakar yang menyerahkan piala kepada Walikota Probolinggo Rukmini, di Gedung Manggala Wanabakti Kementeriaan Lingkungan Hidup dan Kehutanan di Jakarta. (em/arf).

Baca Juga  Rawan Gempa Megathrust, BMKG Petakan Wilayah Pesisir Laut Lumajang

Baca Juga

Ada Dugaan Penambangan Ilegal, DLH Kab. Pasuruan Datangi Kawasan Pacuan Kuda Kejayan

Pasuruan,- Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Pasuruan bersama Satpol PP setempat melakukan pemeriksaan dugaan penambangan …