Ketua GP Ansor Kabupaten Probolinggo, Muchlis, saat gelar jumpa pers dengan wartawan di kantornya, Sabtu (21/10/2017).

Ketua GP Ansor Probolinggo ; Tak Ada Dukungan Untuk Gus Ipul

PROBOLINGGO- PANTURA7.com, Potensi terjadinya ‘perang saudara’ dalam pemilihan gubernur (Pilgub) Jatim 2018, membuat Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kabupaten Probolinggo angkat bicara. Perang saudara itu terjadi jika dua kader terbaik Nadhlatul Ulama (NU), yakni Khofifah Indar Parawansa benar-benar maju menyaingi Saifullah Yusuf atau Gus Ipul.

Gerakan Pemuda Ansor sebagai badan otonom dibawah naungan NU, disebut sebut sudah mengarahkan dukungan politiknya kepada Bacagub petahana, Saifullah Yusuf. Bukan tanpa alasan, sebab selain masih duduk di jajaran ketua PBNU, Gus Ipul pernah menjadi ketua umum GP Ansor Periode 2000-2005.

Namun poros dukungan kepada Gus Ipul, dibantah oleh Ketua GP Ansor Kabupaten Probolinggo, Muchlis. Menurutnya, pandangan itu terlalu dini dan berlebihan, karena GP Ansor Kabupaten Probolinggo, tidak serta merta akan mendukung Gus Ipul.

“Saat ini, Ansor Jawa Timur ditarik dalam pusaran Pilgub dan dibenturkan untuk kepentingan politik praktis. Bahkan sudah ada klaim mendukung salah satu calon, namun sampai saat ini dukungan itu belum ada,” bantah Muchlis saat menggelar press rilis dengan wartawan di Kantor PC GP Ansor Kabupaten Probolinggo, Sabtu (21/10/2017).

Jika memang terdapat dukungan dari tingkat PW Ansor Jatim terhadap Gus Ipul, jelas Muchlis, dipastikan itu bukan dukungan resmi Organisasi.“Sudah jelas, itu bukan dari kelembagaan, tapi dari segelintir perorangan saja. Karena Ansor sudah jelas, tidak boleh berpolitik,” tandasnya.

Muchlis mengakui jika sosok Gus Ipul dekat dengan kader GP Ansor, mengingat kapasitasnya sebagai mantan ketua umum. Namun hal itu, tidak otomatis membuat pihaknya mendukung politisi asal Pasuruan itu.

“Siapapun calonnya, dia harus mengumpulkan PC dan PAC Ansor  se-Jawa Timur untuk menyampaikan visi misi secara terbuka. Dengan itu, kami bisa mengevaluasi progam yang ditawarkan demi kemajuan Jawa Timur,’ tutupnya. (guf/ela).

Baca Juga  Peduli Sesama, Relawan Gusti Bagi-Bagi Takjil

 

Baca Juga

Pj Bupati Probolinggo: Belum Ada Laporan ASN Bermedsos Politik

Probolinggo – Netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam menggunakan media sosial (medsos) menjadi salah satu …