Siaga Gunung Agung, BPBD Kabupaten Probolinggo Siapkan Ribuan Masker

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Aktivitas vulkanik Gunung Agung di Bali yang terus meningkat, membuat Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Probolinggo menyiapkan 5 ribu masker. Ribuan masker ini akan dibagikan kepada warga, untuk antisipasi paparan abu vulkanik.

Jarak Gunung Agung dengan Kabupaten Probolinggo yang hanya terpisah 260 kilometer, membuat potensi penyebaran abu vulkanik sangat besar. Hal ini juga diperkuat hasil laporan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Bandung, bahwa Gunung Agung dipastikan akan meletus.

“Melihat tanda-tandanya, itu pasti meletus. Oleh karenanya, kami siapkan lima ribu masker sebagai langka kesiapsiagaan. Kalaupun masih kurang, kami mintakan ke provinsi sebanyak tujuh ribu lima ratus masker. Itu yang kami utamakan, selain kacamata dan persediaan makanan serta air,” ujar Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Probolinggo, Anung Widiarto, Selasa (10/10/2017).

Selain persediaan masker dan kelengkapan kesehatan lain, kata Anung, pihaknya juga telah berkoordinasi dengan Polres Probolinggo, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Pos Gunungapi Bromo, Palang Merah Indonesia (PMI), sertaDinas Kesehatan.

“Ini sebagai antisipasi dini, untuk meminimalisir jatuhnya korban jiwa. Mudah-mudahan saja dampaknya tidak sampai ke Kabupten Probolinggo,” beber mantan Kepala Dinas Pariwisata ini. (em/ela).

Baca Juga  Jelang Musim Hujan, Ini Kawasan Rawan Longsor di Kabupaten Probolinggo

Baca Juga

Pj Bupati Probolinggo: Belum Ada Laporan ASN Bermedsos Politik

Probolinggo – Netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam menggunakan media sosial (medsos) menjadi salah satu …