Pendatar mulai ramai menyerahkan berkas pendaftaran sebagai Panwascam di Kantor Panwaslu Kabupaten Probolinggo, Selasa (26/9/2017).

Hari Kedua, Pendaftar Panwascam Tembus 61 Orang

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Antusiasme warga Kabupaten Probolinggo untuk terlibat dalam pesta demokrasi 2018 cukup tinggi. Salah satu indikasinya, banyak pendaftar di Sekretariat Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu), yang mendaftarkan diri sebagai panitia pengawas kecamatan (Panwascam).

Selain animo yang tinggi, persebaran masyarakat yang mengikuti seleksi Panwascam juga merata. Dari 24 kecamatan di Kabupaten Probolinggo, baru Kecamatan Leces yang belum memiliki perwakilan sebagai pendaftar Panwascam.

Menurut Divisi Hukum dan Penindakan Panwaslu Kabupaten Probolinggo, Fathul Qorib, hingga hari kedua, Selasa (26/9/2107) pukul 15.00 WIB, sudah terdapat 61 pendaftar. Rata-rata, mereka berusia muda antara 20 hingga 30 tahun.

“Hari pertama kemarin terdapat 27 pendaftar, untuk hari ini kami hitung sudah 61 pendaftar, masih muda-muda semua. Mudah-mudahan nanti bisa memenuhi quota 9 orang pendaftar pada masing-masing kecamatan,” ujar Fathul Qorib, Selasa (26//9/2017) petang.

Sejatinya pendaftaran Panwascam dibuka sejak tanggal 22 hingga 28 September 2017, namun terang Qorib, pihaknya memilih untuk menunda pembukaan pendaftaran karena sejak tanggal 22 hingga 24 September memasuki hari libur. “Jadi efektifnya ya mulai kemarin (Senin_red),” tandasnya.

Apabila hingga tanggal 28 September jumlah pendaftar minim, lanjut Qorib, maka pihaknya akan memperpanjang masa pendaftaran dengan membuka pendaftaran kedua yaitu pada tanggal 1 hingga 5 oktober 2017.

“Target kita untuk setiap kecamatan jumlah pendaftar minimal 9 orang, tapi yang akan diambil 3 orang. Kalau tidak memenuhi target, ya kita maksimalkan,” tutup pria asal Kecamatan Pakuniran ini. (em/ela).

Baca Juga  KPU Tetapkan 542 DCS Anggota DPRD Kabupaten Probolinggo

Baca Juga

Pj Bupati Probolinggo: Belum Ada Laporan ASN Bermedsos Politik

Probolinggo – Netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam menggunakan media sosial (medsos) menjadi salah satu …