Pria di Bugulkidul Ajak ABG Bobol Rumah

BUGUL KIDUL-PANTURA7.com, Unit Reskrim Polsek Bugul Kidul, Kota Pasuruan, menciduk Hadi Sulistiyo (29) warga Jalan Sulawesi Gg. XVII No. 25, RT 01 RW 05, Kelurahan Trajeng, Kecamatan Panggungrejo, Kota Pasuruan. Ia ditangkap atas sangkaan pembobolan rumah.

Kasubbag Humas Polres Pasuruan Kota, AKP Endy Purwanto mengatakan, pelaku membobol rumah milik M. Nur Abd. Salam Ghazali (48), yang terletak di Jalan Patiunus No. 42 RT 06 RW 02, Kelurahan Krampyangan, Kecamatan Bugul Kidul, Kota Pasuruan. Aksi itu dilakukan pada 17 Juli 2020 silam.

Dijelaskan Endy, awalnya tersangka mengajak seorang anak baru gede (ABG) berinisial R-Q (16) boncengan sepeda motor dengan alasan akan di ajak ke Malang. R-Q pun bersedia diajak mengendarai motor milik Hadi.

“Tetapi sesampainya di jalan raya Warungdowo, tersangka Hadi mengajak untuk mencuri dengan alasan tidak punya uang,” kata Endy, Sabtu (09/01/2021).

Setelah itu, beberapa Endy, tersangka mengajak keliling mencari sasaran dan akhirnya sekira pukul 19.30 WIB, tersangka mendapatkan sasaran sebuah rumah yang akan dicuri. Rumah itu berada di Jl. Patiunus, Kelurahan Krampyangan.

“Tersangka ini yang masuk ke rumah, sedangkan anak yang diajak itu disuruh menunggu di luar,” tandas Endy.

Kemudian, lanjutnya, tersangka memanjat pagar rumah tersebut dan langsung mencongkel candela ruang tamu menggunakan sebuah obeng yang sudah dipersiapkan sebelumnya.

“Setelah itu, tersangka masuk ke dalam rumah dan menuju ke dalam kamar depan untuk mencari uang atau barang-barang berharga dan akhirnya menemukan perhiasanperhiasan,” Endy menjelaskan.

Tetapi, tiba-tiba tersangka mengetahui pemilik rumah datang, sehingga ia kabur dengan cara memanjat tembok belakang rumah korban. Sedangkan anak yang di suruh menunggu di luar itu, diamankan oleh petugas Polsek Bugul kidul yang pada saat itu melintas di TKP.

Baca Juga  H+3 Lebaran, Arus Lalu Lintas di Pasuruan Cenderung Landai

“Pada hari Rabu, tanggal 6 Januari 2021 sekira pukul 17.00 WIB, Unit Reskrim Polsek Bugul Kidul berhasil melakukan penangkapan terhadap tersangka tersangka Hadi Sulistiyo. Selanjutnya tersangka dibawa ke kantor polsek Bugul Kidul guna di lakukan penyidikan lebih lanjut,” pungkasnya. (*)


Editor: Efendi Muhammad
Publisher: A. Zainullah FT


Baca Juga

Jauh-jauh dari Blora, Pria ini Curi Motor di Probolinggo

Probolinggo,- RB (30) warga Kecamatan Cepu, Kabupaten Blora, Jateng harus berurusan dengan kepolisian karena disangka …