Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kabupaten Lumajang, Anang Achmad Syaifuddin. (foto: Asmadi).

Cak Thoriq – Bunda Indah Berpotensi Pecah Kongsi di Pilkada 2024, PKB: Wajar

Lumajang,- Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kabupaten Lumajang, Anang Achmad Syaifuddin optimis bisa mengusung kembali mantan Bupati Lumajang, Thoriqul Haq untuk maju lagi sebagai calon Bupati Lumajang periode 2024 – 2029.

“Kami sangat yakin, para masyaikh mendukung Thoriqul Haq sepenuhnya untuk memimpin kembali Kabupaten Lumajang,” kata Anang, Rabu (1/5/2024).

Menurutnya, Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di Lumajang akan jauh lebih ketat daripada 5 tahun sebelumnya. Pasalnya kali ini, masing-masing calon petahana akan bersaing untuk menjadi orang nomor satu di kota pisang.

“Politik tahun ini akan jauh lebih ketat, masing-masing petahana bersaing untuk memenangkan pesta demokrasi lima tahunan. Saya pikir kompetisi tetap terbuka dan yang penting harus ‘positive game’, dan bukan permainan yang berbahaya,” wantinya

Anang menyampaikan, Wakil Ketua DPW PKB Jawa Timur, Thoriqul Haq, telah berada dalam kongsi yang berbeda dengan Ketua DPC Gerindra Kabupaten Lumajang, Indah Amperawati, dalam kontestasi Pilkada Lumajang 2024.

“Saya hormati itu, kepada Bunda Indah yang hendak mencalonkan diri sebagai Calon Bupati Lumajang. Ini wajar, lantaran partai Gerindra di Lumajang melesat (perolehannya, red) dari delapan ke sebelas kursi,” ucap eks Ketua DPRD Kabupaten Lumajang ini.

Menurut Anang, langkah yang diambil oleh Partai Gerindra dengan mengusung Indah Amperawati sebagai bakal calon bupati (bacabup) Lumajang adalah langkah politik yang wajar.

“Semua kader maupun ketua partai menginginkan semua wilayahnya (Kabupaten Lumajang) menjadi blueprint partainya. Jadi wajar jika Partai Gerindra mengusung calon bupati sendiri,” tuturnya.

Sekedar diketahui, pada Pilkada Lumajang 2018 lalu, PKB dan Partai Gerindra berkoalisi dengan mengusung Thoriqul Haq (Cak Thoriq) dan Indah Amperawati (Bunda Indah) sebagai pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati.

Baca Juga  Tujuh Kecamatan Alami Kekeringan, Pemkab Lumajang Galakkan Dropping Air Bersih

Pasangan ini dianggap banyak kalangan sukses dan harmonis dalam memimpin Lumajang selama 5 tahun. Pada Pemilu legislatif 14 Februari lalu, perolehan kursi Partai Gerindra melesat dengan 11 dari sebelumnya 8 kursi.

Sementara PKB stagnan dengan perolehan 10 kursi parlemen, sama seperti pemilu 5 tahun silam. Meski demikian, PKB tetap akan mengusung kadernya dalam Pilkada Kabupaten Lumajang, 27 November mendatang. (*)

 

 

Editor: Mohamad S

Publisher: Moh. Rochim

Baca Juga

Kandaskan Dua Kompetitor, Gus Mujib Kantongi Rekomendasi DPP PKB

Pasuruan,- KH. Abdul Mujib Imron atau Gus Mujib, memenangkan pertarungan dalam perebutan rekomendasi dari DPP …