KOMPAK: Sejumlah warga sedang mengisi karung dengan pasir untuk disusun menjadi penangkis ombak di Kec. Paiton beberapa waktu lalu. (foto: dok).

Bangun Tangkis Laut, BPBD Probolinggo Usulkan Anggaran Rp62 Miliar

Probolinggo,- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Probolinggo mengusulkan pembangunan tangkis laut di tiga tepi pantai Kabupaten Probolinggo.

Tak tanggung-tanggung, anggaran untuk membangun tangkis laut ini ditaksir mencapai Rp 62 miliar.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Probolinggo, Oemar Sjarif mengatakan, pengusulan tangkis laut ini merupakan tindak lanjut dari rencana penanganan dampak bencana di tiga pesisir pantai Kabupaten Probolinggo.

Pertama di Giliketapang Sumberasih, lalu Kalibuntu Kraksaan, dan ketiga di Karanganyar Paiton. “Ada di tiga kecamatan berbeda,” kata Oemar, Senin (1/4/2024).

Ia menyebut, sebelumnya BPBD juga telah melakukan Pendampingan Verifikasi Lapangan Rekom (Lapkom) Gubernur terhadap Dukungan Pengajuan Proposal Hibah Rehabilitasi dan Rekonstruksi wilayah terdampak bencana akibat Kejadian Gelombang Ekstrem dan Abrasi.

“Alhamdulillah, rekomendasi gubernur untuk tangkis laut ini sudah turun sepekan kemarin. Saat ini prosesnya kami usulkan ke BNPB,” imbuhnya.

Oemar menyebut, pembangunan tangkis laut ini sangat penting bagi masyarakat. Tujuannya, agar bencana abrasi tidak kembali dirasakan masyarakat Kabupaten Probolinggo, utamanya di tiga daerah tersebut.

“Semoga usulan ini bisa gol, sehingga masyarakat tidak perlu risau kembali,” ujarnya menambahkan. (*)

 

Editor: Ikhsan Mahmudi
Publisher: Moch. Rochim

Baca Juga  PKL Kembali Dirazia Lalu Disidang

Baca Juga

Berusia Hampir 3 Abad, Begini Sejarah Berdirinya Kabupaten Probolinggo

Probolinggo,- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo, menggelar upacara Hari Jadi Kabupaten Probolinggo (Harjakapro) ke-278, Kamis (18/4/24) …