BERGUNCANG: Peta pusat gempa bumi berkekuatan 6,1 magnitudo yang berada di wilatah Kab. Tuban. (foto: BMKG).

Gempa Bumi 6,1 Magnitudo Guncang Tuban, Bergetar Hingga Pasuruan

Pasuruan,- Gempa bumi berkekuatan 6,1 magnitudo mengguncang wilayah Tuban, Jawa Timur, Jumat (22/3/2024) sekitar pukul 11.22 WIB. Gempa berpusat di laut pada koordinat 5.74 LS, 112.32 BT (132 km Timur Laut Tuban-Jatim) dengan kedalaman 10 kilometer.

Getaran gempa tidak hanya dirasakan di Tuban, tetapi juga di beberapa wilayah lain di Jawa Timur, termasuk Pasuruan. Padahal Tuban dengan Pasuruan terpisah jarak sekitar 167 kilometer.

Hari Mujianto, salah satu warga Pasuruan, mengaku merasakan getaran gempa saat ia sedang duduk. “Iya terasa getarannya. Waktu itu saya sedang duduk,” kata Hari.

Ia menuturkan, getaran gempa tersebut berlangsung selama beberapa detik. “Saya merasakan getaran itu cuma beberapa detik. Sempat kaget,” ujar Hari.

Sementara itu, Kasi Observasi dan Informasi Stasiun Geofisika Tretes Pasuruan, Suwarto membenarkan bahwa gempa tersebut juga dirasakan di Pasuruan.

“Iya mas, tadi ada yg melaporkan terasa,” Suwarto menjelaskan.

BMKG memperkirakan skala gempa di Pasuruan tergolong ringan, yaitu II hingga III MMI. Skala II MMI artinya getaran dirasakan oleh beberapa orang yang sedang duduk atau diam.

Sementara skala III MMI artinya getaran dirasakan oleh banyak orang, benda-benda ringan bergoyang.

Dijelaskan Suwarto, penyebab gempa tersebut adalah terjadinya pergerakan sesar lokal. Namun bencana alam itu tidak berpotensi tsunami.

“Sampai saat ini telah terjadi 16 kali gempa susulan,” Suwarto memungkasi. (*)

 

Editor: Mohammad S
Publisher: Moch. Rochim

Baca Juga  Sopir Truk Ditemukan Meninggal dalam Kabin, Hidung Mengeluarkan Darah

Baca Juga

Hendak Jaga Kapal, ABK asal Wonoasih Tewas Tenggelam

Probolinggo,- Seorang anak buah kapal (ABK) yang sedang bersandar tenggelam usai terjatuh dari atas kapal, …