Kampus Universitas Zainul Hasan (UNZAH) Genggong Probolinggo. (foto: dok)

Jelang Pemilu 2024, Rektorat UNZAH Probolinggo Sebut Kondisi Grassroot Landai Santai

Probolinggo,- Kontestasi politik yang semakin panas menjelang pemilihan presiden 2024, menuntut civitas Akademika Universitas Islam Zainul Hasan (UNZAH) Genggong Probolinggo, turut angkat bicara.

Mereka mengajak seluruh masyarakat, mahasiswa dan sivitas akademika di lingkungan kampusnya untuk menjaga situasi dan kondisi, serta menghormati perbedaan pilihan politik.

Hal ini disampaikan oleh, Abdul Aziz, Rektor UNZAH Genggong Probolinggo dalam deklarasi damai sivitas akademika, Senin (5/2/2024). Deklarasi itu diikuti oleh seluruh jajaran dosen hingga pegawai kampus.

Dalam deklarasi, Rektor UNZAH Genggong Probolinggo, Abdul Aziz Wahab menyampaikan, kondisi masyarakat dalam menghadapi Pemilu 2024, bisa dibilang santai dan landai.

Masyarakat, menurut Aziz, lebih cenderung menikmati adanya kontestasi tersebut daripada meributkannya.

“Kami meihat masyarakat sangat antusias dalam lemilu ini. Apa yang digambarkan dalam media sosial sejatinya tidak separah demikian,” klaim Aziz.

Oleh karena itu, ia mengajak seluruh masyarakat untuk turut mensukseskan pemilu dengan menghargai perbedaan pendapat.

Tidak perlu memprovokasi atau bahkan menjatuhkan lawan politik dengan menjelek-jelekkan.

“Kebebasan berpendapat kita hargai dan junjung tinggi sebagai amanat konstitusi, tapi pilihan politik yang beragam juga harus dihormati dan dihargai.

Meskipun terdapat perbedaan pilihan dan preferensi calon presiden, saya ingatkan untuk tidak melakukan kampanye hitam terhadap calon presiden yang tidak disukai,” ujarnya.

Aziz juga mengingatkan pentingnya menjaga silaturahim dan persaudaraan kampus yang dicintai bersama.

Ia berharap agar perbedaan pilihan politik tidak mengganggu atmosfir akademik yang sehat dalam bingkai kebebasan mimbar akademik yang bertanggung jawab.

“Semua civitas akademika mendukung pelaksanaan pemilu yang dilaksanakan secara damai, bermartabat, tanpa provokasi agar pemilu berjalan lancar.

Mari kita menjaga dan dewasa menerima perbedaan pilihan politik dalam suasana kekeluargaan,” tutur dia.

Baca Juga  Geser Suara Caleg, 2 PPK di Lumajang Diberi Sanksi Peringatan Keras

Terakhur, ia mendoakan agar seluruh civitas akademika UNZAH Genggong Probolinggo senantiasa dalam lindungan Allah SWT dan diberi kekuatan untuk selalu menjadi insan akademis yang bertanggung jawab dalam menjaga keutuhan NKRI dan mengabdi untuk bangsa dan negara. (*)

 

Editor: Mohammad S
Publisher: Agung Wahyudi

Baca Juga

Susul Habib Hadi, Tiga Politisi Ambil Formulir Bakal Calon Walikota-Wakil Walikota via Nasdem

Probolinggo,- Setelah Habib Hadi Zainal Abidin melalui PKB Kota Probolinggo mengambil formulir pendaftaran calon walikota …