Proses simulasi pemungutan suara di Kota Probolinggo. (Foto: Istimewa).

KPU Kota Probolinggo Simulasi Pemungutan Suara Pemilu 2024

Probolinggo,- KPU Kota Probolinggo menggelar simulasi pemungutan dan penghitungan suara Pemilu 2024, Selasa (9/1/24). Simulasi yang digelar di lapangan Kelurahan Wiroborang, Kecamatan Mayangan ini dilaksanakan layaknya pemungutan dan perhitungan suara sebenarnya.

Simulasi ini melibatkan seluruh penyelenggara, mulai dari Kelompok Penyelengara Pemungutan Suara (KPPS) hingga calon pemilih yang merupakan masyarakat yang masuk dalam TPS 8, Kelurahan Wiroborang.

Selain itu, simulai ini disetting sesuai jam pemilihan yang dibuka pukul 07.00 WIB oleh ketua KPPS. Sebelum dibuka, penyelenggara menyiapkan perlengkapan untuk pemungutan suara, mulai dari kotak suara, hingga perlengkapan lain.

“Jadi simulasi ini real seperti pemungutan suara sesungguhnya mulai dari pemilih yang terdaftar DPT atau pemilih DPT tambahan, serta DPT Khusus dan disabilitas, termasuk pengawas TPS dan saksi,” ujar Komisioner KPU Kota Probolinggo Divisi Teknis Penyelenggaraan, Upik Roudhotul Hasanah.

Tak hanya itu, layaknya pemungutan suara sesungguhnya, KPPS memimpin pengambilan sumpah seluruh anggota KPPS, serta petugas ketertiban. Tahap selanjutnya, pengecekan kelengakapan pemungutan suara, dan setelah seluruhnya lengkap maka pemungutan suara di mulai.

Barulah pukul 13.00 WIB, pemungutan suara ditutup, kemudian tahap selanjutnya perhitungan surat suara. Perhitungan ini dimulai dari surat suara Presiden dan Wakil Presiden, DPR RI, DPD, DPRD Provinsi, dan DPRD Kota/ Kabupaten.

Selain itu, proses rekapitulasi tidak hanya dilakukan manual, namun juga dilakukan menggunakan aplikasi Sistem Informasi Rekapitulasi (Sirekap).

“Tak hanya simulasi pemungutan suara, namun juga kejadian khusus saksi yang tidak mau tanda tangan berita acara pemungutan suara, dan tak hanay sekali, KPU Kota Probolinggo akan kembali menggelar simulasi lagi lada tanggal 17 Januari 2024,” tandas Upik. (*)

 

Editor: Ikhsan Mahmudi
Publisher: Moch. Rochim

Baca Juga  Pemilu 2024, Kapolres Probolinggo Blusukan ke Ponpes untuk 'Cooling System'

Baca Juga

Ingin Maju Pilwali Kota Pasuruan via Jalur Independen? Ini Syarat Minimal Dukungan yang Harus Dipenuhi

Pasuruan,- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Pasuruan menggelar sosialisasi mengenai syarat minimal dan sebaran dukungan …