KOLABORASI: Dishub Jatim, Dishub Kab. Probolinggo, dan PT. KAI Daop 9 Jember survei lokasi pembangunan pos perlintasan KA. (foto: istimewa)

Dishub Jatim Bangun Dua Pos Perlintasan KA di Tongas Probolinggo

Probolinggo,- Dinas (Dishub) Perhubungan Kabupaten Probolinggo mendapat bantuan pembangunan dua pos perlintasan dari Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Timur.

Dua pos perlintasan tersebut akan mulai dibangun paling lambat awal bulan November 2023, dan akan dioperasikan oleh Dishub Kabupaten Probolinggo.

Kabid Pengembangan dan Keselamatan Transportasi Dishub Kabupaten Probolinggo, Erry Kurniawan Prasodjo mengatakan, dua pos yang akan dibangun Dishub Provinsi Jawa Timur ini berada di Kecamatan Tongas. Yakni, PJL 174 di Desa Bayeman dan PJL 165 di Desa Curahtulis.

“Sebelum dibangun, dua pos perlintasan kereta api (KA) ini telah disurvei Dishub Provinsi Jatim, Dishub Kabupaten Probolinggo, dan PT. KAI Daop 9 Jember, pada Selasa (10/10/23) lalu,” ujarnya.

Nantinya pembangunan dua pos perlintasan kereta api ini seluruhnya akan ditangani Dishub Jatim. Setelah selesai, bangunan fisiknya akan diserahkan ke Dishub Kabupaten Probolinggo. Pos ini akan dijaga petugas dari Dishub Kabupaten Probolinggo.

Terkait desain, Erry mengungkapkan, dua pos pelintasan kereta api yang dibangun oleh Dishub Provinsi Jatim akan berbeda dengan pos pelintasan kereta api yang dibangun Dishub Provinsi Jatim.

Untuk pembangunannya, menurut Erry, akan dimulai pada akhir Oktober atau paling lambat awal November 2023.

“Dengan tambahan dua pembangunan dua pos perlintasan kereta api ini, maka total akan ada total tujuh pos baru yang dibangun, dan mulai dioperasikan,” katanya. (*)

 

Editor: Ikhsan Mahmudi
Publisher: Moh. Rochim

Baca Juga  Nyawa Karyawan Koperasi ini Melayang di Perlintasan KA Leces

Baca Juga

Arus Balik, Penumpang KA di Stasiun Bangil Melonjak 40 Persen

Pasuruan,- H+4 Lebaran, Stasiun Bangil di Kabupaten Pasuruan dipadati penumpang yang melakukan perjalanan mudik balik. …